BPD Bali Undiknas Rektor Cup Libatkan Pelajar se-Bali

Bagikan

DENPASAR, diaribali.com – Bank BPD Bali Undiknas Rector Cup Tahun 2024 kembali digelar. Ajang ini bertujuan menjaring bibit-bibit atlet basket sejak dini, dari bangku sekolah untuk mengharumkan nama Bali di kancah nasional bahkan internasional.

BPD Bali Undiknas Rektor Cup melibatkan tim peserta mulai dari jenjang SD, SMP dan SMA sederajat se-Bali. Kompetisi berlangsung sepekan, dari 17 hingga 24 Maret 2024 dengan jumlah peserta sebanyak 49 sekolah, bertempat di GOR Lila Buana, Denpasar.

Kompetisi menggunakan format setengah kompetisi yang dimulai dengan fase grup dan dilanjutkan dengan fase “knockout”.

Tim dari jenjang SD, juara satu diraih oleh SD Tunas Daud, disusul SD Bali Star Academy serta SD Negeri 6 Sesetan di posisi 3. Kategori SMP Putri, Tim SMP Negeri 8 Denpasar berada di puncak, diikuti ⁠SMP Negeri 1 Denpasar dan SMP Negeri 3 Denpasar.

Kategori SMP Putra, tim SMP Negeri 1 Tabanan berhasil menunjukkan ketangguhannya. Di posisi kedua bertengger SMPK Santo Yoseph, dan SMP Negeri 8 Denpasar.

Dari katagori SMA Putri, SMA Negeri 1 Gianyar menjadi yang terbaik. Juara II dan III disabet SMA Negeri 2 Denpasar dan SMA Negeri 1 Denpasar.

Sedangkan tim SMA Putra, SMA Negeri 1 Denpasar masih bisa menunjukkan kedigdayaannya. Juara II pun disusul oleh “adik kandungnya”, SMA Negeri 2 Denpasar. Sedangkan juara III terbang ke Klungkung, SMA Negeri 2 Semarapura.

Rektor Undiknas Prof. Dr. Ir. Nyoman Sri Subawa, ST., S.Sos., IPU., ASEAN.Eng., ditemui usai penyerahan piala dan uang pembinaan kepada pemenang, Minggu (24/3), mengucapkan terimakasih kepada Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali yang telah mensupport penuh kompetisi ini.

Basket, menurut rektor, merupakan cabang olah raga paling digemari kalangan remaja setelah sepak bola. Untuk itu, ia berharap ajang ini bakal melahirkan nama-nama besar yang mengukir prestasi di segala kancah.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Perkumpulan Pendidikan Nasional (Perdiknas) Denpasar Dr. AAN Eddy Supriyadinata Gorda, memberikan karpet merah bagi para juara khususnya katagori SMA/sederajat bergabung ke Undiknas untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Pimpinan badan hukum penyelenggara pendidikan Undinas ini, berpendapat, calon-calon mahasiswa yang berprestasi selayaknya diberikan apresiasi. “Seperti apa keringanan yang akan kami berikan (jika bergabug ke Undiknas-red), tentu kita bisa bicarakan,” terang Gung Eddy, sapaannya. rl