11 Parpol Usung Mantra-Mulia di Pilgub Bali 2024

Ketua DPD Gerindra Bali, Made Muliawan Arya
Bagikan

DENPASAR, diaribali.com – 11 Partai Politik (Parpol) yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM)  sepakat mengusung Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra sebagai bakal calon Gubernur Bali dan Made Muliawan Arya sebagai bakal calon wakil Gubernur Bali dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali 2024.

Adapun partai politik yang bersepakat mengusung yaitu Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PSI, NasDem, PPB, Gelora, Garuda, PKB dan Prima. Pasangan Mantra-Muliaa juga mendapat restu dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).
Pengumuman bakal calon Gubernur Bali dan bakal calon Wakil Gubernur Bali itu terungkap pada Jumat (24/5/2024) usai acara rapat konsolidasi koalisi Pilkada Provinsi Bali, di Denpasar.

Ketua DPD Gerindra Bali, Made Muliawan Arya mengungkapkan, dirinya telah melakukan komunikasi dengan Rai Mantra terlebih dahulu, dan Rai Mantra pun mengaku siap dicalonkan sebagai bakal calon Gubernur Bali.

De Gadjah sapaan karib dari Made Muliawan Arya melanjutkan, meski sudah ada  kesepakatan bersama koalisi untuk mengusung Mantra-Mulia, ia mengatakan jika ada perubahan dari induk partai. Koalisi partai di Bali siap mendukung siapapun.

“Jika ada perubahan dari pusat (nama bakal calon gubernur dan wakil gubernur) kami (koalisi) siap mendukung,” ujarnya.

Disamping menyepakati mengusung Mantra-Mulia, konsolidasi partai koalisi juga bersekapat akan membangun koalisi yang sama sampai tingkat daerah kabupaten/kota dengan mengusung hanya satu calon bupati/wali kota dan wakil bupati/wali kota.

“Artinya kita sepakat disini untuk mengusung hanya satu pasangan calon bupati dan wakil bupati dan tidak mendukung pasangan calon diluar koalisi,” ungkapnya.

Pertemuan tersebut juga menyepakati akan membangun koalisi partai sebagai perpanjang tanganan untuk mengawal setiap keputusan pemerintah pusat.

“Agar dapat tercapai dengan baik melalaui kebijaksaan pemerintah daerah sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat Bali,” pungkasnya. Zor