Laptop Lelet? Ini Solusinya

SSD
HDD VS SSD (Ist)

DENPASAR-DiariBali

Era adaptasi kebiasaan baru sejak pandemi Covid-19 mewabah, menyebabkan penggunaan teknologi sebuah keniscayaan. Baik saat bekerja, sekolah dan aktivitas lain. Teknologi terbukti membantu manusia menjaga produktivitas saat aktivitasnya dibatasi.

Tentunya, dukungan infrastruktur sangat diperlukan, mulai dari jaringan internet dan perangkat komputer atau laptop. Keduanya harus saling mendukung guna memastikan kelancaran tugas kantor, tugas kampus dan sekolah anak-anak anda.

Namun bagaimana jika perangkat komputer atau laptop anda lelet? Sangat menjengkelkan bukan? Tapi jangan khawatir. Solid State Drive (SSD) dijamin efektif mengatasi persoalan laptop yang lelet alias lambat.

Semakin berkembangnya fitur sistem operasi komputer, menyebabkan berimbasnya pada kinerja laptop-laptop lama. Sehingga mengharuskan pengguna laptop-laptop lama untuk melakukan upgrade dari hardisk biasa ke SSD.

I Wayan Sunartana, pemilik usaha pets control di Denpasar telah membuktikannya. Ceritanya, anak Sunartana meminta dibelikan laptop baru untuk menunjang kegiatan sekolah dalam jaringan. Namun, keuangannya terbatas, sehingga ia memberikan laptop lama miliknya.

“Tapi laptop saya yang lama kinerjanya sangat lambat. Pasti tidak support untuk kegiatan belajar anak saya,” kata Sunartana di Denpasar, Senin (26/4/2021).

Ia lantas mendatangi seorang kerabatnya yang berprofesi sebagai teknisi komputer. “Akhirnya ketemulah solusi hemat untuk meningkatkan kinerja laptop lama saya dengan menggunakan SSD,” imbuhnya.

Kata Sunartana, menyadur pertanyataan temannya tersebut, SSD memiliki kecepatan 10x hardisk biasa. Anaknya pun merasa senang karena karena laptopnya bekerja jauh lebih cepat dari sebelumnya. NAD