Justin Hubner Resmi jadi WNI, Siap Gabung Timnas Indonesia

Justin Hubner
Justin Hubner (Foto: Dok PSSI)

JAKARTA, diaribali.com – Justin Hubner telah resmi menjadi  Warga Negara Indonesia (WNI)  setelah melakukan pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Rabu (6/12).

Justin Quincy Hubner yang lahir di Den Bosch, Belanda pada 14 September 2003 ini, tercatat sebagai pemain U21 di tim Liga Inggris, Wolverhampton Wanderers.

Justin Quincy Hubner memiliki darah keturunan Indonesia dari kakeknya, yang bernama Ferdinand Rudolf Hubner lahir di Makassar, Sulawesi Selatan.

Ditemui usai pengambilan sumpah, Justin Quincy Hubner membeberkan dua alalsan memilih bergabung sebagai Timnas Indonesia dibandingkan Belanda, alasannya adalah karena suporter dan generasi pesepakbola di Indonesia.

“Saya merasa Indonesia punya suporter yang lebih besar dari Belanda. Saya berpikir kita punya generasi yang bagus dan bisa mencapai banyak hal dengan generasi ini,” jelasnya.

“Saya sangat bahagia dan bangga bisa bermain untuk timnas Indonesia,” tegasnya.

Pemain yang bersangkutan sudah melewati beberapa proses naturalisasi, seperti persetujuan dalam Rapat Paripurna DPR RI di Jakarta, kemudian Presiden Jokowi juga sudah menandatangani Keppres permohonan naturalisasi dirinya.

Sebelum Justin, PSSI telah merampungkan naturalisasi empat pemain keturunan Eropa lainnya, yakni Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, dan Rafael Struick.

Mereka semua juga sudah menjalani debut bersama timnas Indonesia seusai menjadi WNI.

Setelah jadi WNI, Justin Hubner mengaku senang. Ia tampak antusias menjalani tahapan-tahapan proses menjadi WNI.

“Ini adalah hari yang luar biasa dan saya dalam kondisi baik. Saya ingin berterima kasih kepada Ketum PSSI, juga pemerintah Indonesia. Perasaan saya sangat senang. Saya siap memberikan segalanya untuk negara ini, untuk negara kita. Saya sudah tidak sabar ingin bergabung dengan tim dalam pemusatan latihan,” kata Justin.

“Saya juga sudah tidak sabar bermain bersama Indonesia. Laga terdekat tentu bermain di Piala Asia 2023 di Qatar. Semoga kami dapat meraih prestasi terbaik di ajang tersebut dan ingin membawa Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026 mendatang,” tambahnya. Zor