Tokoh Pendidikan Dukung PTM

IGB Arthanegara(Ist)

“Pemerintah tentu telah melakukan kajian panjang dan matang, sehingga sebagai masyarakat, harus kita dukung bersama”.

DENPASAR-DiariBali

Tokoh pendidikan Bali, IGB Arthanegara mendukung rencana dimulainya pembelajaran tatap muka (PTM) langsung di semua satuan pendidikan pada awal tahun ajaran baru 2021/2022 Juli mendatang. Arthanegara berpandangan, pemerintah sebagai ‘Guru Wisesa’ tentu tidak sembarangan menelurkan kebijakan.

“Pemerintah tentu telah melakukan kajian panjang dan matang, sehingga sebagai masyarakat, harus kita dukung bersama,” kata Arthanegara yang juga Ketua Yayasan PT IKIP PGRI Bali tersebut, di Denpasar, Kamis (10/6/2021).

Pada awal 2021 lalu, Arthanegara dikenal vokal menolak rencana PTM di sejumlah daerah di Pulau Dewata. Saat itu, ia menilai situasi belum memungkinkan karena pandemi Covid-19 masih menggila. Angka kasus harian juga sangat tinggi. Tentu berbeda dengan situasi sekarang yang sudah melandai.

Selaku praktisi pendidikan, Arthanegara mengaku terus memantau perkembangan Covid-19. Dukungannya terhadap PTM kali ini juga didasari petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan dari pusat yang menyatakan PTM maskimal diikuti 50 persen peserta didik, dan tentunya didukung standar protokol kesehatan (prokes) ketat.

“PTM tidak boleh sedikit pun melanggar aturan karena ini menyangkut kesehatan bahkan nyawa orang. Jadi semua harus taat prokes, bila perlu sesui petunjuk, dalam satu minggu cukup dua kali pertemuan untuk langkah awal,” jelas dia. TIM