Joko Widodo Lantik Anggota BRIN, Satu Anggota Akademisi Asal Bali

Prof. Ir. I Gede Wenten, M.Sc., Ph.D
Bagikan

DENPASAR-DiariBali

Presiden Joko Widodo melantik dan mengambil sumpah jabatan Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Acara pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/10) dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Pelantikan Dewan Pengarah BRIN dilakukan berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 45/M Tahun 2021 tentang Pengangkatan Keanggotaan Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Adapun nama-nama para Dewan Pengarah BRIN yang dilantik tersebut di antarnya,Megawati Soekarnoputri sebagai ketua, Menteri Keuangan sebagai wakil ketua, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional sebagai wakil ketua, Dr. (H.C.) Drs. Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto, S.H., sebagai sekretaris, Prof. Emil Salim, M.A., Ph.D., sebagai anggota, disusul Prof. Ir. I Gede Wenten, M.Sc., Ph.D., Bambang Kesowo, S.H., LL.M., Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc., MPH, Ph.D., Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo, IPU, serta Ir. Tri Mumpuni.

“Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Presiden mendiktekan penggalan sumpah jabatan kepada nama-nama tersebut.

Selanjutnya, Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional ini akan mengemban tugas selama lima tahun sejak dilantik. Acara pelantikan kemudian diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo untuk kemudian diikuti oleh sejumlah tamu undangan terbatas lainnya.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 78 Tahun 2021 tentang BRIN menyebutkan BRIN merupakan lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden dalam menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan serta invensi dan inovasi, penyelenggaraan ketenaganukliran dan penyelenggaraan keantariksaan yang terintegrasi.

BRIN bertugas membantu presiden dalam menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan serta invensi dan inovasi, penyelenggaraan ketenaganukliran dan penyelenggaraan keantariksaan secara nasional yang terintegrasi, serta melakukan monitoring, pengendalian, dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi BRIDA, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Fungsi BRIN terkait pelaksanaan tugas termaktub dalam pasal 4.

Sekilas tentang profil Prof. Ir. I Gede Wenten, M.Sc., Ph.D. Mengutip situs wikipedia, I Gede Wenten yang akrab disapa Prof Wenten merupakan Guru Besar dan peneliti pada Departemen Teknik Kimia, Institut Teknologi Bandung (ITB). Prof. Wenten juga diketahui menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi ITB.

Pria kelahiran Buleleng, Bali pada 15 Februari 1962 itu makin dikenal luas ketika ia berhasil menciptakan Air Purifier berkat keahliannya di bidang teknologi membran. Hasil karyanya itu dinilai sangat berguna di tengah pandemi Covid-19 yang penularannya sangat mudah karena bisa terpapar melalui udara.

Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Laksana Tri Handoko. rl