PKBM Dharma Sedana Santhi, Numpang ANBK di SMK N 1 Manggis

Kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer dilaksanakan oleh peserta didik PKBM Dharma Sedana Santhi dan bertempat di Lab Komputer SMK Negeri 1 Manggis
Bagikan

Karangasem-DiariBali
Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Hari kedua dilaksanakan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dharma Sedana Santhi bertempat di SMK Negeri 1 Manggis, Kamis (23/9/2021)

ANBK ini merupakan penilaian yang dilakukan disetiap jenjang sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA/SMK, dan Kesetaraan. Program ANBK ini tidak mengevaluasi capaian peserta didik secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

PKBM Dharma Sedana Santhi melaksanakan ANBK ini merupakan kali pertama pada Semester Ganjil tahun ajaran 2021/2022, dan peserta yang hadir dalam mengikuti kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan mengingat wilayah Bali saat ini masih memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat dan wajib menerapkat protokol kesehatan.

Kepala Satuan Pendidikan PKBM Dharma Sedana Santhi I Wayan Pasek Sujena, S.Pd dalam wawancaranya mengatakan kegiatan hari ini merupakan hari kedua setelah hari kemarin juga dilaksanakan dengan berjalan lancar. “Kegiatan hari ini adalah hari kedua kami melaksanakannya, setelah kemarin juga melaksanakan dengan berjalan lancar dan jumlah peserta didik yang mengikuti sebanyak 27 orang,” Ujarnya.

Lebih jauh Pasek Sujena menjelaskan dalam pelaksanaan ANBK ini mulai dari tahap sinkronisasi sampai tahap akhir hari ini tidak menemukan kendala yang berarti, meskipun kegiatan ini menumpang di SMK Negeri 1 Manggis namun hal tersebut disambut baik oleh pihak SMK, sehingga kegiatan berjalan nyaman dan lancar.

Diakhir keterangannya Pasek Sujena berharap agar kedepan PKBM Dharma Sedana Santhi bisa memperoleh bantuan sarana maupun prasarana yang berkaitan dengan proses ANBK. “Tentunya sebagai Kepala Satuan Pendidikan Non Formal, Kami sangat mendukung adanya kegiatan ANBK ini, akan tetapi pelaksanaan evaluasi ini menggunakan peralatan komputer, harapan kami bagaimana supaya kami bisa diberikan bantuan peralatan tersebut sehingga pelaksanaan selanjutnya menjadi lebih mudah, gampang, dan melaksanakan secara mandiri.” Pungkasnya.
(Van)