Ruang Peduli Lingkungan Wujud Kontribusi Nyata Kepada Masyarakat di Desa Banua

Unud

DENPASAR, diaribali.com –  Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik kembali menyelenggarakan kegiatan Ruang Peduli Lingkungan Sekitar atau yang sering dikenal dengan Ruang Peka. Pada Ruang Peka 2, Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik melakukan pengabdian di Desa Banua, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli dengan mengambil tema “Gana Siddhi Bhakti Buana” dengan mengusung konsep “Satu Tindakan, Satu Perubahan” yang diharapkan mampu menekan peran penting individu dalam menjaga kebersihan yang dapat memberikan dampak yang besar pada jangka panjang.

 

Ruang Peduli Lingkungan Sekitar 2 (Ruang Peka) yang diselenggarakan pada tanggal 18 November 2023 dihadiri oleh Perwakilan Pihak Desa Banua dan Seka Teruna Teruni Dharma Cakti. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat dalam hal pencegahan perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti yang dapat menyebabkan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab mahasiswa sebagai agen perubahan dalam masyarakat melalui pengetahuan, pemahaman, dan tindakan mereka.

 

Sosialisasi terkait penyakit Demam Berdarah Dengue dibawakan oleh Ibu dr. Ni Ketut Cintya Riska Prathiwi, S.Ked yang memaparkan mengenai penyebab, gejala, bagaimana cara pengobatan dan bagaimana pencegahan Demam Berdarah Dengue dan dilanjutkan dengan pemaparan dari narasumber kedua yaitu Dewi Aprelia Meryani S.ST., M. Kes yang mensosialisasikan terkait pencegahan dan demonstrasi penggunaan obat jentik nyamuk yang benar untuk mengurangi perkembangbiakan nyamuk. Setelah melakukan demonstrasi, peserta dari sosialisasi yaitu Seka Teruna Teruni Dharma Cakti diberikan obat pembunuh jentik nyamuk atau yang disebut dengan abate.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada pihak desa sebagai tempat terlaksananya kegiatan ruang peka 2 pada tahun 2023 yang diserahkan oleh Ketua Panitia Komang Heny Tri Hapsari dan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada pembicara yaitu Ibu dr. Ni Ketut Cintya Riska Prathiwi, S.Ked dan ibu Dewi Aprelia Meryani S.ST., M. Kes oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik Ida Bagus Made Wedhana Manuaba, Ketua Panitia Komang Heny Tri Hapsari dan Wakil Ketua Panitia Kadek Trisnawati. Agenda penutupan dilakukan dengan melakukan sesi foto bersama dengan Panitia Ruang Peka, Pihak Desa dan Seka Teruna Teruni Dharma Cakti.

 

 

https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas4055-Himpunan-Mahasiswa-Administrasi-Publik-Gelar-Ruang-Peduli-Lingkungan-Sekitar-Sebagai-Wujud-Kontribusi-Nyata-Kepada-Masyarakat-di-Desa-Banua.html