Pj. Mahendra Harap Porjar Lahirkan Atlet Pelajar Unggul

PORJAR-(Pj) Gubernur Bali SM. Mahendra Jaya membuka Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) Provinsi Bali Tahun 2024, Senin (3/6).
Bagikan

DENPASAR, diaribali.com – Penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) merupakan wujud kehadiran Pemerintah Daerah untuk membangun ekosistem keolahragaan prestasi, sekaligus secara tidak langsung tentunya akan menumbuhkan dan membentuk jiwa sportifitas generasi muda.

Hal ini sangat penting guna membentengi generasi muda sebagai kader penerus bangsa dari pengaruh-pengaruh negatif diantaranya akibat pesatnya kemajuan teknologi informasi.

Demikian disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Bali SM. Mahendra Jaya saat membuka Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) Provinsi Bali Tahun 2024 yang mengambil tema “Dengan semangat Ngrombo, kita tingkatkan pembinaan dan prestasi atlet pelajar Bali menuju prestasi dunia”, di GOR Lila Bhuana, Denpasar pada Senin (3/6) sore.

“Penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar Provinsi Bali merupakan rangkaian dari pembinaan dan pelatihan yang berjenjang dan berkelanjutan dari Pekan Olahraga Pelajar yang telah dilaksanakan di 9 Kabupaten/Kota di Bali,” jelas Mahendra.

Dikatakan Mahendra Jaya, Porjar sebagai ajang untuk mengukur kemampuan dan mengukir prestasi atlet pelajar, diharapkan dapat menambah semangat para atlet pelajar untuk menunjukkan bakat dan minat di bidang olahraga.

“Saya berharap akan lahir calon atlet pelajar dan bibit unggul olahragawan yang sangat dibutuhkan daerah dalam rangka mendukung pembibitan dan pengembangan prestasi olahraga di Provinsi Bali.

Hal ini sejalan dengan Visi Pemerintah Provinsi Bali khususnya dalam Mengembangkan Sumber Daya Manusia Yang Berdaya Saing Tinggi yaitu Berkualitas, Berintegritas, Bermutu, Profesional, dan Bermoral serta Memiliki Jatidiri yang kokoh yang dikembangkan berdasarkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Krama Bali,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini Mahendra Jaya juga mengucapkan selamat berkompetisi kepada seluruh atlet pelajar peserta Porjar, kalian adalah pelajar-pelajar terpilih.
“Saya harapkan untuk senantiasa menjunjung tinggi sportivitas dan berkompetisi secara jujur, serta menampilkan performa terbaiknya,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Panitia I Made Dana Tenaya dalam laporannya menyampaikan tujuan dilaksanakan Porjar adalah mengadakan evaluasi kegiatan olahraga di kalangan pelajar dalam rangka meningkatkan prestasi olahraga.

Selain itu juga untuk memberikan kesempatan kepada olahragawan pelajar untuk berpacu dalam prestasi pada ajang Pekan Olahraga Pelajar (PORJAR) Provinsi Bali 2024.

Lebih lanjut disampaikan Tenaya, Porjar Provinsi Bali Tahun 2024 dilaksanakan pada tanggal 3 – 8 Juni 2024 dengan venues tersebar di Kabupaten Badung sebanyak 5 venues, di Kabupaten Klungkung sebanyak 1 venues dan di Kota Denpasar sebanyak 32 venues.

“Peserta Porjar Provinsi Bali Tahun 2024 ini diikuti oleh 8.087 orang, yang terdiri dari 7.050 atlet, 603 pelatih, dan 434 ofisial dengan mempertandingkan 8 Cabor Resmi, 13 Cabor Gotong-Royong, 9 Cabor Gotong-Royong Murni, 10 Cabor Eksebisi,” terang Tenaya yang saat ini juga menjabat Kabid Pemuda dan Olahraga Disdikpora Provinsi Bali. Zor