Menyelamatkan Laut dari Sampah Plastik

Direktur Eksekutif Coral Triangle Center Rili Djohani
Bagikan

“Escape Room SOS Plastic Danger menyorot masalah polusi sampah plastik di lautan dan solusi yang diperlukan untuk menghentikan ancaman ini dengan cara yang menyenangkan, interaktif, dan menarik”

DENPASAR–DiariBali
Dalam semangat perayaan Hari Laut Sedunia dan Hari Terumbu Karang pada tanggal 08 dan 09 Juni 2021, Coral Triangle Center (CTC) telah membuka kembali Pusat Konservasi Laut (Center for Marine Conservation) di Sanur dengan mengedepankan proyek terbarunya: Escape Room SOS Plastik Danger.

Wahana Escape Room yang baru ini memperlihatkan bahaya yang ditimbulkan oleh sampah plastik kepada kehidupan laut dan kesehatan manusia, sementara para pemain berusaha untuk memecahkan teka-teki sebelum waktu habis. Wahana ini menyusul kesuksesan Escape Room CTC yang pertama “SOS from the Deep” yang menantang para pemain untuk menyelamatkan terumbu karang sebelum terlambat.

Permainan ini dimainkan berkelompok, terdiri dari 2-6 orang, yang memasuki beragam skenario ruangan untuk menyelamatkan laut dari polusi plastik. Melalui permainan yang menarik ini, para pemain akan mendapat pemahaman yang mendalam mengenai sampah plastik di laut dan mempelajari apa yang dapat mereka sumbangkan untuk menyelamatkan alam, seperti membuang sampah secara bertanggung jawab dan mengurangi penggunaan konsumsi plastik sekali pakai dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap tahun, sekitar delapan juta ton sampah plastik terbuang ke laut, membunuh lebih dari 100.000 mamalia laut dan jutaan bagian plastik memasuki rantai makanan kita melalui asupan boga bahari. Apabila kita tidak berbuat sesuatu untuk menghentikan ini, maka diperkirakan pada tahun 2050 akan ada lebih banyak plastik daripada ikan di laut kita.

“Laut membutuhkan bantuan kita. CTC amat senang dan bersemangat untuk meluncurkan Escape Room SOS Plastic Danger pada Hari Laut Sedunia dan Hari Terumbu Karang. Lebih dari segalanya, kita perlu menjangkau masyarakat sebanyak mungkin mengenai dampak buruk sampah plastik. Melalui fasilitas ini, kami berharap dapat mengajak masyarakat dari beragam kalangan untuk belajar dan mengambil bagian dari solusi untuk masalah global yang mencederai laut kita,” ujar Direktur Eksekutif CTC Rili Djohani, pada jumpa pers di Sanur, Selasa (8/6/2021)

Meningkatkan penyadartahuan masyarakat yang bermuara pada perubahan perilaku juga menjadi tujuan utama dari desainer Escape Room “SOS Plastic Danger” dan “SOS from the Deep” Aram Leeuw. Menurut desainer asal Belanda dan peraih penghargaan ini, masyarakat perlu diingatkan secara terus-menerus tentang pentingnya melindungi laut dari beragam ancaman, namun dengan cara yang menyenangkan. Dengan begitu, pesan penting dari kegiatan pembelajaran yang menyenangkan ini dapat terus teringat dan terlaksana di kehidupan mereka sehari-hari.

“Saya harap masyarakat sadar bahwa selalu ada konsekuensi di balik setiap tindakan yang kita pilih dan kita seharusnya mengetahui konsekuensi tersebut. Dengan begitu, kita seharusnya dapat memilih tindakan yang benar,” ujar Aram saat dihubungi secara virtual dari Belanda.

Untuk memastikan keselamatan setiap orang pada situasi pandemi, CTC memastikan seluruh staf dan pemain wajib mematuhi protokol kesehatan COVID-19, seperti mengurangi jumlah pemain menjadi maksimal empat orang di satu ruangan, mengukur suhu tubuh sebelum memasuki wahana Escape Room, mengharuskan para pemain untuk mengenakan masker pelindung wajah, dan mensterilkan fasilitas Escape Room setelah selesai digunakan dan sebelum memulai sesi permainan baru.

Untuk dapat bermain Escape Room SOS Plastic Danger, para pemain dapat melakukan reservasi secara daring melalui www.sosfromthedeep.com setidaknya satu hari lebih awal. Fasilitas di Center for Marine Conservation buka setiap hari mulai pukul 09.30–20.00 WITA. Harga tiket untuk sekali main adalah Rp180.000 bagi dewasa dan Rp150.000 untuk anak-anak, dengan durasi permainan sekitar dua jam. Seluruh pendapatan dari Escape Room akan digunakan untuk mendukung upaya konservasi laut di lapangan oleh CTC di seluruh Indonesia dan di dalam kawasan Segitiga Terumbu Karang.

Setelah menyelesaikan permainan, para pemain dapat mengambil foto secara berkelompok pada sudut foto yang telah disediakan. Foto-foto para pemenang, termasuk kesan dan pesan mereka, dapat dilihat di linimasa dan kisah pada akun Instagram @sosfromthedeep.

Tentu saja, pemain dapat mengunggah ulang foto mereka melalui akun media sosial mereka masing-masing. Hanya saja, jangan lupa untuk menandai @sosfromthedeep dan @coraltrianglecenter. Akhirnya, tunggu apa lagi? Datang dan bergabunglah dalam upaya penyelamatan laut dari sampah plastik yang menyenangkan bersama keluarga, teman dan orang-orang tercinta, serta bagikan pengalamanmu kepada dunia. Menyelamatkan laut tidak pernah semenyenangkan ini. (get)