Kemendikbudristek Lepas Kontingen Indonesia Mengikuti AUG 2024

Pelepasan Kontingen Indonesia pada ASEAN University Games 2024 di Auditorium Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Selasa (25/6).
Bagikan

DENPASAR, diaribali.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), terus berupaya meningkatkan talenta di bidang olahraga.

Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah kompetisi olahraga mahasiswa bergengsi tingkat Asia Tenggara, ASEAN University Games (AUG) ke-21 yang diikuti sekitar 5.000 orang dari 11 negara ASEAN.

Ajang olahraga dua tahunan tersebut dilaksanakan di Surabaya dan Malang, Jawa Timur pada tanggal 25 Juni hingga 6 Juli 2024. Melalui AUG, diharapkan mahasiswa se-ASEAN dapat menunjukkan eksistensi dan prestasi terbaiknya di bidang olahraga. Indonesia mengirimkan sebanyak 392 atlet mahasiswa untuk berkompetisi di AUG tahun ini.

“ASEAN University Games bukan hanya sekadar ajang kompetisi olahraga antar mahasiswa. Ini adalah platform yang mempertemukan pemuda-pemudi terbaik dari seluruh ASEAN untuk menunjukkan keunggulan, kerja keras, dan semangat sportifitas,” ujar Staf Ahli Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Bidang Manajemen Talenta, Tatang Muttaqin, dalam acara Pelepasan Kontingen Indonesia pada ASEAN University Games 2024 di Auditorium Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Selasa (25/6).

Tatang berpesan kepada atlet mahasiswa Indonesia agar memberikan yang terbaik dan mengharumknan nama Indonesia di kancah internasional. “Mari kita jadikan ASEAN University Games sebagai momentum untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang unggul, tidak hanya dalam hal prestasi olahraga, tetapi juga dalam hal budaya, persahabatan, dan sportifitas,” ucapnya seraya memberikan semangat kepada kontingen mahasiswa Indonesia.

“Saya ucapkan selamat bertanding. Berikan prestasi terbaik untuk Indonesia. Saya percaya dengan semangat yang tinggi dan kerja keras kita dapat meraih hasil yang gemilang,” tambah Tatang.

Dalam laporannya, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sri Suning Kusumawardani, menyampaikan rincian jumlah kontingen Indonesia yang mengikuti AUG 2024, yaitu 392 Atlet, 91 Ofisial Cabang Olahraga, 20 International Technical Official, dan 53 Ofisial Kontingen.

Kontingen Indonesia berasal dari atlet Pelatnas dan Pemenang dari ajang talenta Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) yang diselenggarakan oleh Puspresnas melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI).

“Peserta dan atlet berasal dari 140 perguruan tinggi di seluruh Indonesia dan terdapat satu atlet Indonesia yang saat ini sedang berkuliah di China. Hal ini menunjukkan betapa luasnya partisipasi dan kontribusi dari berbagai institusi pendidikan tinggi di Indonesia dalam mendukung prestasi olahraga mahasiswa di tingkat internasional,” jelas Sri.

ASEAN University Games (AUG) merupakan ajang olahraga dua tahunan yang melibatkan atlet dari perguruan tinggi di negara-negara anggota ASEAN. Di bawah naungan ASEAN University Sports Council (AUSC), AUG untuk pertama kali diadakan di Chiang Mai, Thailand pada 1981. Indonesia telah menjadi tuan rumah AUG sebanyak lima kali, yaitu pada tahun 1982, 1990, 2004, 2014, dan 2024.
Tahun ini Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah AUG yang diselenggarakan pada tanggal 25 Juni hingga 6 Juli 2024 di Jawa Timur (Surabaya-Malang).

AUG 2024 memperlombakan sebanyak 21 cabang olahraga yang meliputi, Futsal, Petanque, Bola Voli, Tenis, Renang, Sport Climbing, 3X3 Bola Basket, Judo, Bola Tangan, Wushu, Bridge, Catur, Atletik, Bola Basket, Badminton, Panahan, Voli Pantai, Sepak Takraw, Taekwondo, Pencak Silat, dan Karate.

Pada penyelenggaraan tahun ini, Indonesia memiliki maskot MAS SUMA sebagai maskot AUG 2024. MAS SUMA merupakan akronim dari (MASKOT ASEAN UNIVERSITY GAMES SURABAYA MALANG). Maskot tersebut dilambangkan dengan perpaduan antara gambar buaya, hiu dan singa.rl