Baksos FEB UNR Wujud Kepedulian di Tengah Pandemi

BAKSOS-Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ngurah Rai menggelar Baksos serangkaian HUT Yayasan Jagadhita dan Dies Natalis ke-42 Universitas Ngurah Rai.
Bagikan

DENPASAR-DiariBali

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Ngurah Rai (UNR) Dr. Ade Maharini Adiandari, S.Sos., MM., RFP, CFP, AEPP., menyadari bahwa, sebagai civitas akademika di perguruan tinggi, pihaknya memiliki tanggung jawab pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu bagian Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sebelum dan selama pandemi Covid-19 menerjang, FEB UNR telah rutin menggelar bakti sosial (Baksos) berupa penyerahan paket bahan kebutuhan pokok kepada masyarakat terdampak dan kegiatan sosial.

Hari jadi Yayasan Jagadhita Denpasar dan dan Dies Natalis ke-42 UNR tahun 2021 ini, juga dijadikan momentum melaksanakan baksos bertema “Memperkuat Kepedulian Pasca pandemi melalui Bakti Sosial, Literasi Teknologi dan Pembentukan Wirausaha Muda Menuju Pribadi yang Berprestasi”.

Baksos diawali seminar yang dihadiri perwakilan mahasiswa secara terbatas dengan protokol kesehatan ketat, di Auditorium kampus UNR, Jumat (30/4). Selanjutnya dirangkai dengan penyerahan puluhan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga kesehatan di Puskesmas Denpasar Utara.

Ade Maharini menjelaskan, FEB UNR memilki peran strategis dalam memperkuat kondisi perekonomian pascapandemi Covid-19. “Sekarang saat yang tepat bagi civitas fakultas ekonomi dan bisnis mengimplementasikan ilmunya untuk membantu membangkitkan atau memulihkan perekonomian masyarakat,” jelas Ade Maharini.

Alalagi, lanjut Ade Maharini, pihaknya memberdayakan inkubator bisnis yang diharapkan mencetak wirausaha-wirausaha baru. Meskipun situasi tengah sulit, wirausaha kreatif tetap bisa ‘survive’ dengan pelatihan yang diberikan di inkubator bisnis, tentunya usaha yang berbasis online.

Rektor UNR Dr. Ni Putu Tirka Widanti, SS., MBA., MM., M.Hum., berpandangan, tema yang ditampilkan FEB sangat baik dan tersirat makna yang mendalam. Karena masa pandemi memberi banyak hal di bidang pendidikan dan teknologi.

“Tema Dies yang diangkat Fakultas Ekonomi dan Bisnis tahun ini sangat relevan. Pandemi telah mengajarkan kita banyak hal khususnya di lingkungan pendidikan. Perkembangan teknologi juga harus terus kita kejar, sehingga mampu menciptakan wirausaha-wirausaha baru yang mampu bersaing di kancah regional, nasional dan internasional. Serta yang paling penting adalah menuju sumber daya manusia yang unggul,” ujarnya.

Rektor berharap, momentum Dies Natalis ke-42 aemakin memupuk rasa persaudaraan dan kekeluargaan sebagai bagian dari keluarga besar Universitas Ngurah Rai. Dari pantauan awak media ini, kegiatan berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan ketat guna menghindari klaster baru penularan Covid-19. Para peserta juga telah divaksin dan sebagian besar telah di-tes antigen dengan hasil negatif. LIN