Tim Pengabdi Unwar Berdayakan UMKM Bali Melalui Jejaring E Commerce

I Gusti Agung Prama Yoga, SE.M.Si, BKP., Ida I Dewa Ayu Mas Manik Sastri, SE.M.Si,AK,CA., serta Ni Made Puspasutari Ujianti, SH. MH.
Bagikan

DENPASAR, diaribali.com-Tim Pengabdi Universitas Warmadewa (Unwar) terdiri dari; I Gusti Agung Prama Yoga, SE.M.Si, BKP., Ida I Dewa Ayu Mas Manik Sastri, SE.M.Si,AK,CA., serta Ni Made Puspasutari Ujianti, SH. MH., memberikan pelatihan dan penyuluhan perpajakan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui wadah Bali Mall yang mereka rancang.                                               

Kegiatan yang dikemas dalam Program Kemitraan Masyarakat atau PKM ini bertujuan, agar Bali Mall tidak salah memberikan perlakuan perpajakan kepada UMKM. “Sejauh ini sudah banyak UMKM yang bisa masuk ke penjualan online belanja bendaharawan,” kata Agung Prama Yoga, dikonfirmasi di Denpasar, Selasa (21/6).

Para pengabdi berpendapat, UMKM harus punya permodalan yang cukup karena bendaharawan pada umumnya membayar di belakang, atau beberapa hari setelah barang dikirim karena administrasi birokrasi yang tidak memungkinkan secara tunai.

Setelah dilakukan pendekatan secara personal kepada UMKM ditambah pelatihan yang diberikan, maka UMKM tertarik untuk ikut memasarkan produk mereka dalam jejering e commerce.

Banyak hal yang menjadi kendala UMKM dalam memasuki jejaring e commerce, terutama mempersiapkan untuk menjual produknya yang harus berkualitas lebih baik dan lebih menarik dari segi tampilan dalam penjualan offline/konvensional.

Bali mall sebagai mitra telah sangat berupaya dalam memenuhi standar pemasaran untuk UMKM Bali dapat memasukinya dengan baik. Sebagai wadah pemasaran online Bali mall juga mempersiapkan segala administrasi untuk memudahkan UMKM melakoninya. “Pengurusan administrasi dan perpajakannya masih dibimbing oleh Bali Mall, untuk memastikan tidak ada kesalahan yang dilakukan UMKM sehubungan dengan kegiatan operasionalnya,” tutupnya. Zor