Menuju “World Class University”, FT Unud “Launching” Penerapan K3L

Rektor Unud Prof. Nyoman Gde Antara saat melaunching penerapan K3L di Fakultas Teknik, Jumat (20/5/2022).
Bagikan

BADUNG, diaribali.com-Fakultas Teknik Universitas Udayana (FT Unud) menyelenggarakan launching penerapan K3L (keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan) bertempat di lobi Fakultas Teknik Kampus Jimbaran, Jumat (20/5/2022). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung Akreditasi Internasional Program Studi di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Udayana sebagai bagian dari Kebijakan Internasionalisasi Universitas Udayana menuju World Class University. Acara launching ini ditandai dengan pemakaian rompi oleh Rektor kepada Dekan Teknik dan jajaran serta pengibaran bendera K3L oleh tim K3L.

Dekan Fakultas Teknik Ir. I Ketut Sudarsana, ST., Ph.D. dalam laporanya menyampaikan, kegiatan ini sesuai dengan visi dari Fakultas Teknik yaitu bagaimana melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkelanjutan yang terekognisi secara nasional maupun internasional. Untuk mendapatkan rekognisi internasional tentu kita harus mengikuti evaluasi secara internasional salah satunya adalah akreditasi internasional. Begitu juga dengan akreditasi nasional yakni Fakultas Teknik akan mengikuti Lembaga Akreditasi LAM-Teknik dan LAM-Infokom yang menekankan pentingnya penerapan daripada K3L di universitas atau institusi.

Yang dilibatkan dalam perancangan K3L ini untuk menyusun dokumennya adalah tim taskforce, semua program studi dan PLP yang ada pada prodi masing-masing. Mereka adalah ujung tombak yang berhadapan dengan K3L ini. Ia berharap budaya K3L yang akan dibangun di Fakuktas Teknik maupun di tingkat universitas dapat mengasah mahasiswa untuk paham betul apa itu K3L yang nantinya akan menjadi bekal kepada mereka setelah lulus dan bekerja di instansi-instansi luar. “Ini merupakan harapan jangka panjang,” tegasnya.

Dalam jangka pendeknya adalah untuk mendukung proses internasionalisasi prodi-prodi yang ada di Fakultas Teknik dan nantinya juga mendukung untuk kemajuan Universitas Udayana itu sendiri.

Rektor Universitas Udayana menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dekan Fakultas Teknik beserta jajarannya karena telah menginisiasi K3L di Fakultas Teknik. “Direktorat pun kami belum memiliki unit ini dan segera akan kami susul dan tim ini akan kami minta bantuan untuk membuat di kantor pusat sehingga nanti diseluruh fakultas-fakultas dan unit-unit yang ada di Universitas Udayana ada unit K3L,“ tegasnya.

Berkaitan dengan relevansinya K3L ini menjadi salah satu indikator atau persyaratan manakala program studi di Unud itu memprogram ke akreditasi internasional. Dengan harapan nantinya program atau perjalanan akreditasi internasional di Fakultas Teknik dan fakultas lainya bisa diperlancar dan ada jaminan bahwa kita sudah melakukan sesuatu sesuai dengan parameter-parameter yang dipersyaratkan dari program internasionalisasi dari akreditasi tersebut. Mudah-mudahan ini memberikan dampak dan diharapkan ini menjadi lesson learned dari fakultas-fakultas lainnya yang belum memiliki unit ini. rl

Sumber: http://www.unud.ac.id