Jokowi: Tantangan Global bisa Berdampak pada Ekonomi Dalam Negeri

Joko Widodo
Bagikan

JAKARTA, diaribali.com – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dalam pidato Rapat Pimpinan TNI Polri mengatakan, saat ini Indonesia tengah mengadapi berbagai tantangan yang bukan saja dari dalam negeri tetapi juga tantangan global.

“Tantangan yang paling berat adalah tantangan eksternal, tantangan global yang sangat rumit juga bisa berdampak signifikan pada situasi ekonomi dan situasi sosial di dalam negeri,” kata Jokowi, Rabu (28/2/2023) di Mabes TNI Polri.

Geopolitik dunia, katanya, sulit dikalkulasi begitu juga dengan landscape ekonomi, landsca politik dunia. Konflik yang terjadi di Ukraina belum selesai, ada lagi konflik Gaza serta tambahan Yaman sehingga menyebabkan inflasi pangan melanda dunia. Selain itu banyak negara-negara besar yang masuk ke dalam jurang Resesi seperti Jepang, Amerika, Jerman dan terkahir Inggris.

“Kita patut bersyukuri probabilitas Indonesia masih satu setengah persen ini yang harus terus kita jaga ditambah lagi penggunaan fiskal dalam perang,” ujarnya.

Di tengah krisis dunia yang bertubi-tubi, ketidakpastian ekonomi yang sulit dikalkulasi, perekonomian Indonesia cukup kokoh. “Ekonomi kita di tahun 2023 tumbuh 5,05% inflasi terkendali di angka 2,57%, kemiskinan turun di angka 9,36%, pengangguran turun di angka 5,32% dan generasi ketimpangan juga turun di angka 0,388%,” jelasnya

Jokowi mengingatkan, meskipun angka-angka tersebut cukup baik, tetapi perlu tetap hati-hati dan tetap waspada karena ke depan kompetisi global semakin kompleks dan tidak memiliki arah yang jelas. Zor