Electrifying Lifestyle, PLN bersama Dishub Bali Gelar Uji Coba Mobil Listrik

HEMAT- PLN UID Bali bersama Dishub Provinsi Bali saat uji coba pengisian ulang dengan menggunakan aplikasi Charge.In
HEMAT- PLN UID Bali bersama Dishub Provinsi Bali saat uji coba pengisian ulang dengan menggunakan aplikasi Charge.In

“PLN UID Bali dan Dishub Bali mengenalkan kepada masyarakat gaya hidup dengan konsep electrifying lifestyle, salah satunya adalah dengan mengendarai mobil listrik. Pihak PLN memberikan diskon untuk penggunaan home charging.”

Denpasar–DiariBali
PLN UID Bali bersama Dinas Perhubungan Provinsi Bali menggelar acara uji coba mobil listrik, Jumat (18/06/2021) di Halaman Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Bali. Kegiatan ini dimaksud untuk mengenalkan konsep electrifying lifestyle kepada masyarakat.

“Kami ingin mengenalkan kepada masyarakat gaya hidup dengan konsep electrifying lifestyle, yakni bagaimana menggunakan dan memanfaatkan listrik dalam kehidupan sehari – hari, salah satunya adalah dengan mengendarai mobil listrik,” jelas Martindar Jalu Respati, Senior Manager Niaga PLN UID Bali.

Hal ini, menurutnya sejalan dengan misi Gubernur Bali yang mencanangkan penggunaan energi bersih. “Bahan bakar yang bersumber pada fosil semakin tipis, salah satu upaya untuk mengatasinya adalah menghemat penggunaannya dan mengendarai mobil listrik ini 4 – 5 kali lebih hemat dibanding mobil konvensional,” ungkapnya

Pihaknya juga menjelaskan bahwa saat ini PLN memberikan diskon untuk penggunaan home charging sebesar 30% untuk pengisian ulang pada pukul 22.00 – 05.00 pagi.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, I GW. Samsi Gunarta menjelaskan bahwa target tahun 2021 sudah terdapat 1000 pengguna motor listrik dan 100 pengguna mobil listrik di Bali.

“Hingga kini di Bali tercatat untuk kepemilikan kendaraan motor listrik sebanyak 530 pengguna, sedangkan untuk mobil listrik penggunanya sebanyak 19, sehingga memerlukan percepatan,” ungkap Samsi.

Saat melaksanakan uji coba mobil listrik, dirinya menjelaskan keunggulan mobil listrik memudahkan pengemudinya.

“Mobil ini tidak berisik, akselerasinya sangat bagus, fitur dan tempat duduknya nyaman. Rasanya seperti mengendarai mobil besar karena handling dan stabilitynya yang baik,” jelas Samsi.

Samsi juga berpendapat bahwa Indonesia seharusnya dapat menguasai teknologi kendaraan ini, sehingga makin terjangkau kedepannya.

“Khususnya untuk teknologi baterai, Indonesia kedepannya mampu menguasai komponen termahal dari kendaraan ini sehingga harga kendaraan ini semakin terjangkau untuk masyarakat,” katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa untuk mempercepat pertumbuhan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai ini, infrastruktur harus dilengkapi serta terus melakukan edukasi kepada masyarakat.

Acara uji coba mobil listrik dimulai dari Kantor Dinas Perhubungan menuju Jalan Cok Agung Tresna dan Jalan Raya Puputan, dilanjutkan ke Jalan Dewi Sartika kemudian berbelok ke Jalan Diponegoro, Jalan MT Haryono, Jalan P.B. Sudirman, berhenti sejenak di SPKLU PLN UP3 Bali Selatan untuk mencoba pengisian ulang dengan menggunakan aplikasi Charge.In, dan dilanjutkan dengan kembali menuju Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Bali.(LIN)