AA Gde Agung Serahkan Ratusan Beasiswa bagi Pelajar Se-Bali

Penyerahan Beasiswa Program Indonesia Pintar secara simbolis oleh Anak Agung Gde Agung, Rabu 12 September 2023
Bagikan


BADUNG, diaribali.com -Anggota Komite III DPD RI AA Gde Agung, menyalurkan 158 beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) untuk pelajar jenjang SD, SMA dan SMA/SMK se-Bali.


Total ada 224 usulan di luar beasiswa perguruan tinggi yang masuk padanya. Namun yang lolos seleksi baru dinyatakan 158 orang. Sementara untuk PIP kuliah masih dalam proses.


Penyerahan secara simbolis dilakukan, Rabu (13/9) bertempat di SDN 3 Depeha, SMPN 3 dan SMPN 5 Kubutambahan, Kabupaten Buleleng. Sertifikat PIP diterima langsung pelajar bersangkutan disaksikan kepala sekolah dan guru.


AA Gde Agung berpesan agar program dari pemerintah era Presiden Jokowi lewat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) itu, dimanfaatkan secara maksimal.


Pendidikan, kata mantan Bupati Badung dua periode itu, sangat menentukan masa dengan bangsa dan negara. Karenanya, sesuai dengan salah bidangnya di Komite III, ia turut menyukseskan semua program yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa.


“Saya adalah anggota Dewan Perwakilan Daerah atau DPD. Saya murni mewakili daerah (Bali) di Senayan,” kata pria yang juga Panglingsir Puri Ageng Mengwi itu dalam kegiatan bertajuk “Penyerahan Simbolis dan Sapa Peserta Didik; Baktiku untuk Bali”.


Menyongsong Indonesia Emas 2045, AA Gde Agung meminta, tidak ada lagi anak yang putus atau tidak mengenyam pendidikan. Meskipun dalam keadaan miskin ekstrem sekalipun karena ada banyak celah yang bisa dimanfaatkan, salah satunya beasiswa pemerintah.


“Saya tidak ada motif kampanye, karena saya pensiun di dunia politik. Apa yang sala lakukan, apalagi jauh-jauh dari Mengwi ke Buleleng didorong oleh keinginan murni mengabdi untuk Bali,” pungkasnya.


Kepala SDN 3 Depeha, I Wayan Seridana, berterima kasih kepada AA Gde Agung karena telah memfasilitasi 50 peserta didiknya mendapatkan beasiswa PIP dengan nominal Rp450 per peserta didik yang telah masuk ke rekening masing-masing penerima.


“Rata-rata masyarakat kami bertani dengan perekonomian menengah ke bawah. Jadi PIP yang difasilitasi Bapak Gde Agung ini sangat kami rasakan manfaatnya,” kata Seridana.


Senada, Kepala SMPN 3 Kubutambahan Dewa Putu Karma dan Kepala SMPN 5 Kubutambahan Gede Suadnyana, mengaku beasiswa PIP sangat membantu meringankan beban orangtua yang rata-rata petani.


Mereka berharap, kedepan kuota PIP lebih ditingkatkan lagi. Selain itu, kedua kepala sekolah berharap wakil Bali di pusat turut memperjuangkan kelengkapan fasilitas serta renovasi sejumlah gedung karena daerah tersebut tergolong tanah labil.


Untuk diketahui PIP Kemendikbudristek 2023 untuk SD, SMP, hingga SMA dan SMK telah cair sejak April lau, dikutip melalui Instagram @puslapdik_dikbud.


Jika merujuk pada jadwal pencairan tahun lalu, maka PIP Kemdikbud 2023 yang cair ini merupakan penyaluran untuk Tahap 2. Nominal bantuan PIP berbeda-beda bagi setiap jenjang pendidikan.


SD/SDLB/Paket A : Rp450 ribu, untuk siswa baru atau siswa kelas akhir mendapatkan bantuan Rp225 ribu. SMP/SMPLB/Paket B : Rp750 ribu, untuk siswa baru atau siswa kelas akhir mendapatkan bantuan Rp375 ribu.SMA/SMK/SMALB/Paket C : Rp1 juta, untuk siswa baru atau siswa kelas akhir mendapatkan bantuan Rp500 ribu. Zor