Trikaya Educare Hadir di Gianyar, Jadi Solusi bagi Orangtua Pekerja

Foto bersama seuasi melaunching PAUD Tri Kaya Educare
Bagikan

GIANYAR-DiariBali

Bunda PAUD Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra bersama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar Drs. I Made Suradnya me-launching Tempat Penitipan Anak (TPA) Tri Kaya Educare di Batubulan, Gianyar, Senin (15/11).
Kehadiran TPA Trikaya Educare ini menjadi solusi bagi orangtua yang sibuk bekerja sehingga anak-anak mereka bisa dititipkan secara aman.


Ida Ayu Surya mengatakan, kehadiran TPA ini bukan berarti mengabaikan peran orangtua dalam pengasuhan anak. Namun menjadi solusi bagi para orangtua yang bekerja dan diklaim bisa memberikan solusi.
“Dari segi gizi kemudian pengasuhan, bimbingan dan pembelajaran disesuaikan dengan usia mereka dari usia 0-6 tahun. Dengan adanya ini, bukan berarti kita mengabaikan sebagai peran orangtua dalam pengasuhan anak,” ujar istri Bupati Gianyar Made Mahayastra tersebut.
“Mudah-mudahan ini bisa berkembang dengan baik dan menambah lembaga-lembaga pendidikan yang ada di Kabupaten Gianyar,” tegasnya.


Pembelajaran yang ditawarkan adalah pembelajaran merdeka dan berinteraksi dengan alam. Diharapkan nantinya anak-anak bisa lebih mengenal lingkungan.
Menurutnya, jika akan sudah mengenal lingkungan akan memacu pikirannya menjadi terbuka. Pemikiran anak-anak nantinya bisa lebih fresh dibandingkan belajar di dalam kelas saja.


Terkait visi satu desa satu PAUD, menurut Ny. IA Surya Adnyani, sebetulnya sudah dianjurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa di seluruh Indonesia satu desa satu PAUD.
Hal ini karena kalau kita melihat geografis, untuk di Bali memungkinkan semua terjangkau, di luar Bali belum tentu.
Ada di salah satu provinsi menuju ke kabupaten lain mereka harus menyeberang laut, jurang dan lain sebagainya. Itu mungkin yang dikhawatirkan sehinga diharapkan satu desa satu PAUD.
“Di Gianyar sudah mencukupi dengan satu desa satu PAUD ini,” tegasnya.


Saat ini di Gianyar, jumlah TK dan PAUD sudah mencapai 236 lembaga. “Kelompok bermain ada 76, jadi TK-nya berjumlah 160 buah TK. Kita memiliki TPA 7 buah. Ditambah ini, menjadi 8 buah TPA di Gianyar,” ujarnya.


Sebelumnya, Ketua Pembina Yayasan Dwi Wamsa Wedyatama selaku Badan Penyelenggara Trikaya Educare Dra. Desak Made Asri, M.Psi. menyatakan, Trikaya Educare mengedepankan pembelajaran menyenangkan sehingga anak dapat menikmati setiap proses pembelajaran. Trikaya Educare memiliki program-program berbasis psikologi yang disusun berdasarkan tahap perkembangan anak, serta mengedepankan pembangunan karakter yang unik pada setiap anak.
Tempat tumbuh kembang anak yang baik akan mendukung perkembangan anak secara optimal. Latih serta fasilitasi ikan untuk bisa berenang, burung untuk bisa terbang, belibis untuk bisa berenang dan terbang. “Ibaratnya kalau anak kita berpotensi menjadi seperti Ir. Soekarno, latih ia berkomunikasi dan berpidato sejak dini jangan paksakan ia menjadi seorang penyanyi,” ujarnya. ZOR