Para Pelajar Diajak Bijak Manfaatkan Teknologi

TB Stikom Bali usai memberikan Edukasi Digital kepada Anak-Anak di Desa Kenderan, Tegalalang, Gianyar yang diinisiasi Sinergi Pang Pada Payu, Minggu (27/6).

GIANYAR-DiariBali

Akademisi dari ITB STIKOM Bali Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti, S.Kom.,M.T., mengajak para pelajar yang notabene kaum milenial agar bijak menggunakan teknologi, mengingat penggunaan teknologi juga memiliki dampak negatif.

Dampak negatif yang dimaksud Pivin, seperti hoax, radikalisme, penipuan dan bullying. “Semua dampak negatif itu sangat berpengaruh terkahadap perkembangan anak,” kata Pivin kepada puluhan pelajar SMP dan SMK pada acara “Sinergi Pang Pade Payu (SIP3); Edukasi Digital Zaman Now bertempat di Desa Kenderan, Tegalalang, Gianyar, Minggu, (27/6).

Itb Stikom Manfaatkan teknologi
Pemberian Hadiah kepada anak-anak saat Edukasi Digital dari ITB Stikom Bali.

Pivin yang juga Ketua Program Studi Sistem Komputer ITB STIKOM ini tak menampik jika perkembangan teknologi digital adalah bagian penting dalam kehidupan saat ini yang memudahkan berbagai aktivitas manusia.

Dari pantauan di lapangan, para peserta sangat antusias untuk mengikuti perkembangam teknologi digital dan sharing sisi positif dan negatif dari dampak penggunaan gadget, perkembangan teknologi digital,sharing yang baik dan beretika dan sesi tanya-jawab.

Kegiatan hasil kolaborasi ITB STIKOM Bali dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi Bali ini bertujuan memberikan wawasan gambaran perkembangan teknologi dan bagaimana mereka bisa menyerap perkembangan teknologi dengan baik.

“Saya imbau anak-anak harus lebih bijak menggunakan teknologi digital karena sangat membantu kita. Namun kalau kita salah dengan literasi maka kita bisa hanyut dalam digital itu sendiri dan tidak bisa memanfaatkan dengan baik. Maka dari itu harus berhati-hati menggunakan digital dengan meningkatkan literasi digital kita,” pintanya. (AIQ)