Masih Ingat Joni Bocah Pemberani yang Memanjat Tiang Bendera?

joni
Joni memanjat tiang bendera untuk memperbaiki pengait yang bermasalah pada HUT Kemerdekaan RI ke-73, 2018 silam. (ist)
Bagikan

DENPASAR-DiariBali

“Joni janji akan terus semangat, bantu mama di rumah. Rajin belajar supaya tamat nanti bisa ikut tes dan menjadi tentara seperti cita-cita saya dan harapan dari almarhum bapak saya,” kata Joni, usai menerima bingkisan dari Kapolres Belu, NTT AKBP Khairul Saleh, belum lama ini.

Pemilik nama lengkap Yohanes Gama Marchal Lau, saat ini sudah remaja, duduk di bangku kelas X SMAN 1 Atambua.

Joni sempat menggegerkan Sabang sampai Merauke berkat aksinya memanjat tiang bendera pada saat upacara HUT ke-73 RI di Pantai Motaain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, 17 Agustus 2018 lalu.

Tindakan berani Joni saat memanjat tiang bendera demi memperbaiki pengait yang bermasalah ternyata dikenang sampai sekarang.

Di sela kunjungannya menjelang HUT RI ke-76 tahun 2021, AKBP Saleh mengatakan, berkat keberanian Joni, Bendera Merah Putih dapat berkibar gagah di perbatasan Indonesia-Timor Leste pada 17 Agustus 2018.

“Berkat aksi heroiknya tersebut, sehingga dalam rangka HUT ke-76 RI ini, Bapak Kapolda NTT melalui kami,
memberikan bingkisan sebagai bentuk apresiasi Beliau untuk adik kita, Joni,” kata Saleh kepada sejumlah wartawan, Sabtu (14/8/2021), seperti dilansir Kompas.com

“Kita juga menyampaikan pesan dari Bapak Kapolda kepada adik Joni untuk tetap jaga kesehatan dan semangat dalam menuntut ilmu demi meraih cita-cita,” ujar Saleh.

Diketahui, aksi heroik Joni viral di jagat maya. Sontak vidio amatir yang direkam dari ponsel salah satu peserta upacara menyebar ke seantoro negeri. Joni mendapatkan pujian setinggi langit. Aksinya masih dikenang hingga detik ini.

Joni bahkan sempat diundang secara khusus ke Istana negara bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Saat berbincang dengan RI 1, Joni meminta sepeda dan rumah.

“Minta apa?,” tanya Jokowi.

“Sepeda”

“Masa jauh-jauh dari Belu cuma minta sepeda”.

“Sepeda dan rumah,” jawab Joni.

Sontak permintaan yang disampaikan dengan wajah lugunya mengudang gelak tawa para menteri dan undangan. Presiden pun menyanggupi permintaan bocah pemberani tersebut. (DBS/TIM).