Ketua TP PKK Ny. Sagung Antari Jaya Negara Siap Dukung Penuntasn Kasus TBC

Ketua TP PKK Ny. Sagung Antari Jaya Negara Siap Dukung Penuntasn Kasus TBC

DENPASAR, diaribali.com- Untuk menuntaskan kasus TBC di Kota Denpasar, Dinas Kesehatan Kota Denpasar akan menggandeng  Kader PKK Kota Denpasar, karena Kader PKK merupakan organisasi yang paling kuat jaringanya di masyarakat.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Dinas Kesehatan Kota Denpasar, dr. Anak Agung Ngurah Gede Dharmayuda mengungkapkan hal itu saat audiensi  dengan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara didampingi Ketua GOW Kota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua DWP Kota Denpasar Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana di Gedung Wanita Santi Graha Denpasar, Kamis (9/2).

AA. Ngurah Gede Dharmayuda juga mengatakan, program TBC cakupan masih rendah, sehingga pihaknya  ingin kerjasama seluruh stakeholder salah satunya PKK, karena peranan PKK sangat besar  sekali di masyarakat. Menurutnya  permasalahan saat ini adalah susah menemukan kontak serumah dari pasien yang sudah positif TBC. Dengan keterlibatan PKK kontak serumah bisa di dapatkan lebih banyak.  PKK memiliki kelompok dasawisma dan ruang lingkup paling kecil dalam keluarga maka akan lebih mudah dalam memberikan pemahaman untuk diperiksa.  Sehingga cakupan program TBC lebih cepat tercapai dan Kota Denpasar lebih cepat  terbebas dari TBC sampai tahun 2030 mendatang.

Sebelum kader PKK memberikan sosialisasi,  dr. Anak Agung Ngurah Gede Dharmayuda mengaku akan memberikan pelatihan dan pemahaman kepada kader keder PKK. Dengan demikian mereka akan bisa membatu memberikan edukasi sehingga bisa mengarahkan masyarakat jika ketemu yang bergejala sesuai dengan ilmu yang telah dibekali.

“Jika ada orang ketemu sesuai dengan gejalanya diminta akan diarahkan ke fasilitas pelayanan, untuk itu  nanti kita akan bekali data dan informasi,” jelasnya.

Dalam upaya mempercepat penuntasan angka TBC dr. Anak Agung Ngurah Gede Dharmayuda mengaku pihaknya menggandeng USAID Tuberculosis Private Sector (USAID TBPS) dan  juga melibatkan sektor swasta yakni dokter praktek mandiri, klinik, rumah sakit swasta. Keterlibatan pihak swasta dalam penemuan TBC, karena banyak masyarakat yang berobat ke faskes swasta. “Dalam menuntaskan TBC di Kota Denpasar  perlu kerjasama dengan semua pihak,” imbuh AA. Ngurah Gede Dharmayuda.

Menuntaskan kasusTBC  mendapat  apresiasi dari Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara. Menurutnya, langkah ini  dapat membantu Dinas Kesehatan Kota Denpasar dalam menemukan orang yang menderita TBC. Sehingga kasus ini bisa dituntaskan dengan cepat.

Namun sebelum kader PKK memberikan edukasi di masyarakat Ny. Sagung Antari Jaya Negara minta agar Dinas Kesehatan Kota Denpasar memberikan pembekalan tentang ciri-ciri orang TBC. Jika ditemukan orang bergejala langkah selajutnya apa yang mereka harus lakukan. “Dengan pembekalan yang diberikan mereka bisa memberikan edukasi dan langkah yang dilakukan sehingga angka yang menderita TBC dapat dituntaskan di Kota Denpasar,” ungkap Ny. Sagung Antari Jaya Negara. rl