Jaya Negara Tanda Tangani LoI Dengan Kota Darwin Australia

Penandatanganan Letter of Intent (LoI) antara Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara dengan Wali Kota Darwin, The Hon. Kon Vatskalis. Senin (28/6/2021) secara daring.
Penandatanganan Letter of Intent (LoI) antara Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara dengan Wali Kota Darwin, The Hon. Kon Vatskalis. Senin (28/6/2021) secara daring.

“Kerja sama yang dibangun dapat berkolaborasi dalam ruang lingkup promosi pariwisata dan budaya, pengembangan ekonomi kreatif, dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia”.

DENPASAR-DiariBali

Kerjasama internasional antara Pemerintah Kota Denpasar dengan Kota Darwin Australia dipertegas dalam penandatanganan Letter of Intent (LoI). dilaksanakan pada Senin (28/6/2021) secara daring antara Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara dengan Wali Kota Darwin, The Hon. Kon Vatskalis.

Hadir dan menyaksikan dalam penandatangan secara maya dan fisik yakni, Kepala Bidang Antar Negara Kementerian Dalam Negeri, Ir. Muhammad Arif Hidayat, Konsulat Jenderal Indonesia di Darwin Gufan Affero, Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Pj. Sekda Kota Denpasar I Made Toya, Kepala Bapeda Putu Wisnu Wijaya Kusuma, Kadis Pariwisata MA. Dezire Mulyani, Kabag Kerjasama I Gusti Ayu Laxmy Saraswati, serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan I Dewa Gede Rai.

Wali Kota Jaya Negara menyampaikan penandatanganan kedua kota ini sebagai upaya menjalin hubungan kerja sama dari tahap penawaran dan penjajakan secara virtual yang telah dilakukan sejak tahun 2020 dan adanya keinginan untuk saling berkolaborasi guna mencapai visi misi pembangunan kedua kota.

Disampaikan pula bahwa kindisi pandemi Covid-19 berdampak bagi perekonomian masyarakat, sehingga dengan implementasi kerja sama sister city sesuai dengan ruang lingkup kerja sama kedua kota dapat saling memberikan manfaatkan bagi ke dua kota. Langkah ini menjadi terobosan inovasi pemulihan perekonomian bagi Kota Denpasar serta pengembangan kapasitas sumber daya manusia.

“Salah satu dari pengembangan kerja sama ini dapat berupa pemberian pelatihan dan sertifikasi bagi tenaga kerja Denpasar yang akan siap kerja dan memberikan kontribusi keterampilan di Kota Darwin,” ujar Jaya Negara.

Lebih lanjut Jaya Negara berharap melalui jalinan kerja sama luar negeri ini dapat berjalan baik, berkelanjutan dan berkesinambungan serta manfaatnya dapat dirasakan oleh kedua kota dengan tujuan bersama dalam tercapainya kesejahteraan masyarakat.

“Kerja sama ini juga sebagai bentuk dukungan antar kedua negara yakni Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA),” ujarnya.

Sementara Wali Kota Darwin, The Hon. Kon Vatskalis menyampaikan bahwa Denpasar salah satu wilayah bersahabat dengan masyarakat Kota Darwin.

“Kami memiliki enam sister city di seluruh dunia, dan saat ini melakukan kerjasama dengan Kota Denpasar Bali. Sangat beralasan serta sangat tepat sekali kerja sama sister city ini dalam peningkatan perekonomian,” ujarnya.

Penandatanganan LoI akan membagi pengetahuan secara virtual dalam kondisi pandemic covid-19 saat ini. Budaya, ekonomi dan sister city menciptakan masyarakat yang dinamis, terhubung serta berharap dapat meningkatkan kerjasama yang saling berhubungan.

“Saya nantikan kesempatan akan datang berkunjung ke Denpasar, semoga covid berakhir dan kedua kota dapat bertemu dalam sebuah kesempatan,” ujarnya. (Get)