Dosen Polkesden Beri Perhatian Khusus Penderita Diabetes

Dosen Polkesden Beri Perhatian Khusus Penderita Diabetes
TIM Pengabmas Polkesden saat melakukan penyuluhan pada kelompok penderita dibetes mellitus di Denpasar Selatan.
Bagikan

DENPASAR-DiariBali

Corona Virus Disease atau Covid-19 bisa menyerang siapa saja, terlebih kelompok berisiko tinggi (comorbid). Penderita diabetes adalah salah satu kelompok yang rentan tertular virus mematikan ini. Oleh karena itu, kesehatan penderita penyakit yang dikenal luas kencing manis ini harus diperhatikan secara menyeluruh.

Akademisi Poltekkes Kemenkes Denpasar (Polkesden) turut ambil bagian mengedukasi kesehatan gigi dan mulut para penderita diabetes di wilayah Denpasar Selatan. Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat (Pengabmas) tim dosen Polkesden yang terdiri dari AA Gede Agung, SKM., M.Kes dan I Nyoman Wirata, SKM, M.Kes., berkolaborasi dengan Puskesmas IV Denpasar Selatan.

Pengabmas yang mengusung tema “Penyuluhan Kesehatan Gigi dengan Media Booklet dan Pelatihan Menyikat Gigi pada Pasien Diabetes Melitus di Puskesmas IV Denpasar Selatan Tahun 2021” berlansung sepanjang Juni 2021. Kegiatan diawali dengan penyuluhan tentang kesehatan gigi dan pelatihan menyikat gigi yang baik dan benar.

Selanjutnya, para penderita diabetes diberikan materi penyuluhan tentang penyakit diabetes millitus dan tips-tips pencegahan covid-19. “Kami berharap penderita diabetes dapat meningkat pengetahuannya dan berubah perilaku kesehatannya ke arah yang lebih baik. Kegiatan ini merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi,” jelas ketua tim Pengabmas AA Gede Agung, dikonfirmasi di Denpasar, Senin (28/6/2021).

AA Gede Agung menjelaskan, alasannya menyasar kelompok ini karena penderita dibetes mellitus rawan terkena kelainan jaringan periodontal serta merupakan kelompok masyarakat Comorbid terhadap covid -19. Usaha yang dapat dilakukan bagi penderita diabetes mellitus dalam mencegah terjadinya kelainan jaringan periodontal adalah dengan menyikat gigi secara teratur dengan benar.

Dan untuk mencegah tertular covid -19 dianjurkan tetap menerapkan protokol kesehatan yakni disiplin memakai masker, sering mencuci tangan atau menggunakan cairan desinfektan, dan selalu menjaga jarak dengan orang lain.

Untuk mendukung perubahan perilaku masyarakat maka tim Pengabmas Poltekkes dan Puskesmas IV Denpasar Selatan menyerahkan bahan kontak berupa alat-alat menyikat gigi yakni pasta gigi, sikat gigi, benang gigi, obat kumur antiseptik,
Serta untuk mendukung perilaku pencegahan covid-19. “Tim juga menyerahkan bahan kontak berupa 10 lembar masker, 1 botol cairan desinfektan, serta booklet kepada masing-masing penderita,” jelas dia.

Terkait metode kegiatan, AA Gede Agung mengungkapkan, dilakukan pretest pengetahuan dan perilaku menyikat gigi, penyuluhan dan pelatihan secara kelompok di halaman kampus Jurusan Kesehatan Gigi (JKG) Polkesden, penyuluhan dan pelatihan perorangan di puskesmas IV Denpasar Selatan, penyuluhan dan pelatihan dengan pendekatan keluarga di rumah penderita, serta penyerahan bahan kontak.

Untuk mencapai hasil maksimal, tim juga melibatkan Pranata laboratorium JKG Polkesden, mahasiswa, terapis gigi dan mulut dari puskesmas setempat, dokter umum koordinator Penyakit Tidak Menular (PTM), dan perawat dari program PTM.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Puskesmas Denpasar Selatan drg. Made Saraswati Rahayu, menyambut baik kegiatan pengabdian kepada masyarakat program kemitraan bersama ini.

“Semoga bisa dilaksanakan secara berkesinambungan dan ke depannya dilanjutkan lagi untuk pasien lainnya mengingat tahun ini baru menyasar sebagian penderita diabetes mellitus,” harapnya. Kegiatan ini akan dievaluasi Juli 2021. (TIM)