FKH Unud Vaksinasi PMK dan Pendataan Sapi di Desa Getakan

Bagikan

KLUNGKUNG, diaribali.com-Dalam rangka mencegah penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Bali khususnya di Kabupaten Klungkung, Tim Relawan PMK Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Udayana bersama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung melakukan kegiatan vaksinasi sekaligus pendataan sapi di Desa Getakan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, (16/7/2022) dimulai dari pukul 08.30 WITA. Pihak FKH Unud bersama Dinas Pertanian, ditemani oleh Kepala Desa Getakan mendatangi 3 kelompok simantri yang berada di kawasan Desa Getakan.

Tim Relawan PMK FKH Bersama Dinas Pertanian terjun dalam kegiatan Vaksinasi PMK. Tim mendatangi kandang-kandang sapi milik peternak. Masyarakat pemilik sapi diarahkan untuk meng-handle sapinya agar lebih mudah dilakukan vaksinasi, setelahnya pemilik sapi ditanya terkait data sapi mereka masing-masing. Total 55 sapi yang tervaksinasi dan terdata pada kegiatan vaksinasi ini.

Dari hasil pendataan, masih banyak peternak yang belum mengetahui tentang tanda klinis sapi akibat infeksi dari virus PKM. Hal ini langsung dapat ditanggapi oleh pihak FKH Unud dan Dinas dengan memberikan edukasi penjelasan tentang virus PMK yang saat ini mewabah di Bali serta cara menanggulanginya seperti pentingnya biosecurity di kandang. 

Antusias para peternak membuat kegiatan vaksinasi dan pendataan dapat berjalan dengan sangat lancar, sehingga hasil yang didapat pun sudah mecapai dengan target yang diharapkan. rl

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1402-Fakultas-Kedokteran-Hewan-UNUD-bersama-Dinas-Pertanian-Kabupaten-Klungkung-melakukan-Vaksinasi-Penyakit-Mulut-dan-Kuku-dan-Pendataan-Sapi-di-Desa-Getakan.html