Duta Pariwisata Indonesia Diharapkan Bisa Kenalkan Indonesia ke Kancah Internasional

Bagikan

“Duta Pariwisata sebagai duta untuk mempromosikan dan menggali potensi Indonesia dihatapkan mampu mengenalkan ke kancah Internasional agar dunia mengetahui terkait potensi yang dimiliki Indonesia”

BADUNG – DiariBali
Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati berharap para duta pariwisata bisa menggali potensi pariwisata Indonesia serta memperkenalkannya kepada masyarakat nasional dan internasional.

Demikian disampaikan Wagub Cok Ace saat berkesempatan membuka ajang Malam Puncak Pemilihan Duta Pariwisata Indonesia Tingkat Nasional bersama dengan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan Wakil Bupati Berau Kalimantan Timur H Gamalis yang berlangsung di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Badung, Sabtu (13/11).

Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengapresiasi atas terselenggarnya ajang ini di tengah pandemi Covid-19 yang benar-benar memukul pariwisata.

Menurutnya, Indonesia telah menjadi tuan rumah dari berbagai ajang internasional seperti World Superbike 2021 di Mandalika NTB, dan juga dipilihnya Bali menjadi menjadi tuan rumah ajang bulu tangkis dunia.

“Moment-moment ini harus kita manfaatkan untuk media promosi budaya kita. Dan para finalis bisa memanfaatkan untuk mempromosikan juga agar pariwisata segera pulih,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Wagub Cok Ace sangat mengapresiasi pelaksanaan ajang pemilihan ini yang diinisiasi oleh Yayasan Abhiyya Parama Mavendra. “Tentu saja atas nama pemerintah Provinsi Bali saya memberikan apresiasi positif atas terselenggarnya acara ini, sehingga nanti bisa terpilih putra putri terbaik bangsa yang bisa memberikan kontribusi positif membantu pemerintah dalam mempromosikan pariwisata Indonesia hingga ke kancah internasional,” jelasnya.

Wagub melanjutkan, Bali yang memang sangat tergantung dengan pariwisata sebagai sumber pendapatan terbesarnya benar-benar merasakan dampak dari pandemi Covid-19. Perekonomian Bali yang sangat terpuruk menurutnya memerlukan berbagai terobosan agar bangkit lagi, pun terobosan di bidang pariwisata. “Untuk itu kehadiran para duta seperti ini diharapkan mampu memberikan terobosan untuk membangkitkan dunia pariwisata,” imbuhnya.

Tokoh Puri Ubud ini juga melanjutkan, Pemprov. Bali melalui visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali terus berupaya menciptakan konsep pariwisata yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Kami menekankan faktor cleanliness, safety, healthy dan environmental sebagai konsep pariwisata di Bali. Konsep itu juga menjadi strategi kami dalam mempromosikan sekaligus menjaga alm dan budaya Bali,” jelasnya.

Tak lupa kepada para finalis ia pun memberikan semangat, bahwa untuk sampai pada tahap ini merupakan prestasi, sehingga tidak perlu berkecil hati nanti jika tidak terpilih sebagai duta pariwisata.

Para finaslis tetap diharapkan memberikan kontribusi dalam mempromosikan pariwisata, terutama darrah masing-masing. “Kalian semua adalah pemenang, tidak perlu berkecil hati bila belum terpilih. Semua sangat hebat,” tutupnya.

Sementara Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menyampaikan kebanggaan dipilihnya Kabupaten Badung sebagai tuan rumah dalam ajang ini. Ia pun berharap berlangsungnya pemilihan duta pariwisata di Badung bisa menjadi tonggak kebangkitan pariwisata.

Malam itu terpilih putra dan putri sebagai Duta Pariwisata Indonesia, untuk putra dimenangkan oleh Duta Pariwisata Bali Anak Agung Putu Mahesa Putra sementara untuk kategori putri diraih oleh Duta Pariwisata Sulawesi Selatan Andi Suci Nurul Aisyah. (Tim)