UPMI Gelar Baksos di Desa Carangsari, Petang

Pembukaan bakti sosial oleh kepala dinas sosial Kabupaten Badung
Bagikan

MANGUPURA-DiariBali

Universitas PGRI Mahadewa Indonesia (UPMI) menggelar bakti sosial (baksos) di tengah situasi pandemi Covid-19 di Desa Carangsari, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung.

Baksos tahunan yang digelar UPMI merupakan program tahunan yang dilakukan sesuai amanah salah satu poin Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat.

Rektor UPMI, Dr. I Made Suarta, SH., M.Hum., mengatakan, untuk menyudahi pandemi Covid-19 bukan sesuatu yang mudah. Diperlukan semangat membara layaknya para pahlawan.

Suarta juga berharap kehadiran 256 mahasiswa UPMI di Desa Carangsari bisa mendapatkan vibrasi semangat kepahlawanan di tanah kelahiran pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai.

Selain itu juga baksos ini bertujuan untuk mendukung Desa Carangsari sebagai 50 besar desa wisata terbaik se-Indonesia yang memiliki kekayaan kesenian tradisional yang tersohor 

UPMI turut melibatkan hampir 100 dosen dan pegawainya dalam baksos yang berlangsung mulai 1 hingga 2 Oktober 2021 itu.

Kegiatan baksos dimulai dengan pembagian sembako, alat protokol kesehatan, vitamin hingga busana suci untuk Pemangku.

Baksos UPMI ini juga didukung Menteri BUMN Erick Thohir dan Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta.

“Saya kenal desa ini (Carangsari) dari masa kanak-kanak. Yang paling identik adalah Pahlawan kita bersama, (sugra) I Gusti Ngurah Rai. Karena saya suka seni, saya juga kenal topeng Tugek Carangsari,” kenangnya.

Ketua YPLP IKIP PGRI Bali, IGB Arthanegara mengklaim, melalui baksos ini mahasiswa memiliki kesempatan untuk belajar.

“Desa ini juga ada berbagai tokoh. Mulai dari budayawan hingga tokoh politik. Jadi mahasiswa memiliki kesempatan untuk belajar,” jelasnya.

Bupati Badung, Giri Prasta melalui Kepala Dinas Sosial Kabupaten Badung, Ketut Sudarsana mengapresiasi baksos yang digelar UPMI di tengah pandemi ini.

Menurutnya, partisipasi lembaga pendidikan sangat diperlukan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Terlebih mahasiswa terjun langsung mengamalkan ilmunya kepada masyarakat.

Anggota DPRD Badung, I Gusti Ayu Agung Inda Trimafo Yudha menyampaikan terimakasih kepada UPMI yang telah memilih Desa Carangsari.

“Mahasiswa di desa ini bisa belajar hitoris tanah kelahiran sosok Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai,” ungkap perempuan yang akrab disapa Gek Indah ini.

Sebelumnya, Ketua LP2M Dr. Made Dharmada mengatakan, selain mahasiswa bakti sosial melibatkan 62 panitia, 5 BEM, 5 Menwa, dan lima sekuriti. “Ini yang kami libatkan dari kampus, karena pertimbangan masih suasana PPKM,” ujarnya.

Dia menambahkan, saat ini sudah masuk kebijakan pembelajaran tatap muka (PTM) sehingga kesempatan bagus bagi mahasiswa yang merupakan calon tenaga pendidik.

“Di masa pandemi ini, maka kami juga melakukan kegiatan sosial terkait prokes sebagai bentuk peduli kami,” kata Darmada. ZOR