Unwar Bertekad Lanjutkan Tradisi Juara Kompetisi Desain dan Konstruksi Bambu

DENPASAR-DiariBali

Kompetisi Desain dan Konstruksi Bambu Internasional Divisi Indonesia yang merupakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Prodi Arsitektur, Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Warmadewa (Unwar).

Sejumlah 34 peserta yang mengikuti kompetisi desain dan konstruksi bambu internasional telah hadir untuk mengumpulkan karya yang telah dibuat Kamis (16/9/2021), lalu dari 34 peserta tersebut akan diseleksi kembali dan dilakukan eliminasi untuk mendapatkan 12 peserta yang menghasilkan karya terbaik, untuk selanjutnya akan diseleksi lagi pada tingkat Nasional-Internasional.

Kompetisi ini pertama kali terlaksana sejak tahun 2018 lalu, tim mahasiswa Prodi Arsitektur, FTP UNWAR yang berhasil meraih peringkat terbaik pada kompetisi pertama tingkat nasional dan berhasil juga menggaet juara pada tingkat internasional.

Pada tahun 2019 Prodi Arsitektur FTP Unwar dipercaya sebagai organizer kompetisi di regional Indonesia oleh pihak Nansha Birdpark yang merupakan Taman Burung berlokasi di Provinsi Guangdong, China. Pihak Unwar konsisten memegang teguh kepercayaan tersebut hingga sekarang masih tetap dipercaya sebagai tim organizer kompetisi di regional Indonesia.

Kabag Humas dan Protokol Unwar I Made Dony Suryawan, S.Pd., M.Pd., menyebutkan bahwa tidak hanya kali ini ajang bergengsi ini digelar melainkan sudah dari tahun – tahun sebelumnya dan Tim dari Unwar tetap berhasil menyumbangkan prestasi terbaik.

“Tidak hanya itu, Unwar tetap meraih prestasi terbaik pada Tahun 2019 , yakni kembali memperoleh juara 1 dan 2 dalam ajang kompetisi yang bergengsi ini baik di tingkat nasional maupun internasional (China),” ungkap Dony.

Dony menambahkan pada tahun 2021 ini kompetisi Kembali digelar dengan jumlah peserta yang meningkat signifikan dari tahun sebelumnya, dan dari berbagai daerah di Indonesia juga turut serta mengikuti kompetisi ini.

Pada tahun 2021 ini, kompetisi serupa kembali diadakan dengan peningkatan jumlah peserta dari tahun sebelumnya. Kompetisi ini diselenggarakan dengan bekerja sama dengan Nansha Birdpark, China. Pada tahun 2019 terdapat sekitar 20 peserta, Pada tahun 2020 terdapat 22 peserta.

“Tahun ini terjadi peningkatan cukup drastis yakni total terdapat 34 peserta yang mendaftar. Ke-34 Tim Peserta tersebut terdiri dari berbagai kampus di Bali, Jawa, dan Daerah lainnya,” pungkas Dony. (VAN)