Program Udayana Mengabdi Kenalkan Pertanian Sejak Dini

Udayana Mengabdi
Bagikan

TABANAN, diaribali.com – Universitas Udayana melalui Fakultas Pertanian memiliki program mengenalkan anak-anak usianya dini, khusunya SD dalam bertani. Bertani di era perkembangan teknologi, juga diikuti seiring perkembangan teknologi pertanian. Tujuannya agar anak-anak memahami secara dini sistim pertanian.

Kali ini tim Program Udayana Mengabdi (PUM) selenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Buwit, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Kegiatan yang berlokasi di SD Negeri 2 Buwit ini mengangkat tema “Pengembangan Karakter Sustainable Environment Pada Usia Dini melalui Program Urban Farming di Desa Buwit, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan”.

Tim yang beranggotakan dosen dari Fakultas Pertanian dan mahasiswa KKN Unud di Desa Buwit, melakukan sosialisasi serta workshop untuk memperkenalkan bidang pertanian secara dini kepada murid – murid di SD Negeri 2 Buwit.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Agustus 2023, yang diawali oleh sambutan dari ketua tim PUM, sambutan Kepala Sekolah SD Negeri 2 Buwit, I Nengah Santika, S.Pd., yang sekaligus membuka kegiatan pengabdian.

Narasumber pertama memberikan materi yaitu Yuyun Fitriani, SP., MP., dosen dari Fakultas Pertanian Unud yang membawakan materi dengan tema “Pelestarian Lingkungan, Perkebunan, Teknik Urban Farming dari Usia Dini” serta mini workshop tentang bagaimana cara menanam cabai yang dimulai dari pemilihan bibit yang baik hingga cara penanaman dengan memanfaatkan limbah plastik yang ada di lingkungan sekitar murid – murid SD Negeri 2 Buwit.

Sementara itu, narasumber kedua yang juga merupakan dosen Fakultas Pertanian Unud, Ir. Kadek Edi Saputra, ST., M.Ars, membawakan materi dengan tema “Asiknya Pertanian dalam Dunia Digital melalui 3 Dimensi”, memberikan gambaran tentang pengaplikasian teknologi yang dapat dikolaborasikan dengan bidang pertanian.

Dengan demikian, generasi muda saat ini yang sudah sangat fasih dengan teknologi, dapat memberikan terobosan baru di bidang pertanian pada khususnya, dan dapat menemukan baru yang menarik dari bidang pertanian.rl

Sumber: www.unud.ac.id/FP/Program Udayana Mengabdi Kenalkan Pertanian Sejak Dini