Prodi Peternakan Unwar Raih Akreditasi Unggul

Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa meraih akreditasi unggul
Bagikan

DENPASAR, diaribali.com – Program Studi (Prodi) Peternakan di Fakultas Pertanian Universitas pada Program Sarjana (S1) Universitas Warmadewa (Unwar) berhasil meraih akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sertifikat Akreditasi Unggul Prodi Peternakan berdasarkan Surat Keputusan Dewan Eksekutif BAN-PT No. 4717/SK/BAN-PT/Ak/S/VI/2024, dan berlaku sejak 25 Juni 2024 sampai dengan 25 Juni 2029.

Dekan Fakultas Pertanian Unwar, Prof. Dr. Ir. Luh Suriati, M.Si., didampingi Kaprodi Peternakan, Ir. Luh Suariani, M.Si., mengatakan bahwa pencapaian akreditasi unggul ini merupakan dambaan bagi civitas akademika Fakultas Pertanian Unwar terutama dalam hal pengembangan Prodi Peternakan ke depan.

Selain itu, raihan akreditasi unggul ini membuktikan bahwa kualitas bidang pendidikan telah teruji yang didukung dengan kurikulum dam SDM yang berkompeten. Begitu juga didukung dengan sarana prasarana yang memadai, sehingga standar nasional yang ditetapkan bisa lalui.

Mengenai peluang kolaborasi riset dan pengabdian masyarakat, dikatakan akan jauh lebih mudah dengan status akreditasi unggul ini. Karena perguruan tinggi di dalam dan luar negeri sangat mengharapkan bisa berkolaborasi dengan prodi yang terakreditasi unggul. Dengan demikian, kualitas penelitian dan pengabdian di Prodi Peternakan Unwar akan jauh lebih baik ke depannya.

Selain itu, dengan raihan akreditasi unggul ini prospek kerja para lulusan akan jauh lebih luas, karena industri peternakan akan membutuhkan lulusan yang terakreditasi unggul. Begitu juga peluang jejaring akan lebih luas, sehingga apa yang menjadi visi prodi, fakultas, dan Unwar menuju go global tahun 2034 akan mudah tercapai.

Tidak hanya itu, perhatian pemerintah terhadap keberadaan Prodi Peternakan Unwar akan lebih diakui keberadaannya, sehingga peluang hibah dan kegiatan nasional hingga internasional bisa didapatkan. Begitu juga peluang beasiswa bagi mahasiswa dan dosen akan jauh lebih banyak.

“Ini yang membuat kami semakin bersemangat dan bersyukur atas raihan akreditasi unggul dari Prodi Peternakan. Kami akan terus bergerak maju untuk mempertahankan dan meningkatkan status akreditasi ini. Raihan ini bukan akhir dari segalanya, tetapi awal dari perjuangan kami ke depannya agar Prodi Peternakan kami tetap eksis di dunia pendidikan, baik di Indonesia maupun di internasional,” tegasya.

Rektor Unwar Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP., mengucapkan selamat kepada seluruh pimpinan manajemen Prodi S1 Peternakan atas raihan Akreditasi Unggul. Dikatakan, akreditasi unggul ini akan menambah geliat aktivitas di Unwar untuk mewujudkan visi Unwar yang bermutu, berwawasan ekowisata, dan berdaya saing tingkat Asean tahun 2026 menuju go global tahun 2034.

Diharapkan dengan raihan akreditasi unggul ini Prodi Peternakan akan semakin dilirik oleh lulusan SMA/SMK untuk menempuh pendidikan sarjana peternakan di Fakultas Pertanian Unwar. Sebab, dengan raihan akreditasi unggul ini Prodi bersangkutan tidak diragukan lagi untuk dijadikan tempat menempuh pendidikan tinggi oleh masyarakat.

Di samping juga mahasiswa yang menyelesaikan studi mulai tahun ajaran baru 2024/2025, hingga 5 tahun ke depan sudah menyandang lulusan dengan akreditasi unggul dalam ijazahnya.

Selain itu, capaian ini diharapkan akan terus mengalir dan menjadi vibrasi kepada Prodi lainnya yang ada di Unwar untuk bisa segera meraih peningkatan status akreditasi unggul. “Semoga capaian ini akan menjadi tonggak keberhasilan capaian-capaian di tahun berikutnya,” tandas Prof. Pandit. Zor