PIK-M Yowana Bakti, Duta Genre Kota Denpasar 2023

PIK-M Yowana Bakti, Duta Genre Kota Denpasar 2023
Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Kota Denpasar Tahun 2023 bertempat di di Lippo Mall Kuta, Rabu (3/5).
Bagikan

BADUNG, diaribali.com – Kadek Agus Dwi Artha (PIK-M Yowana Bakti dan Ni Luh Kade Jiyesta Putri Sasikirani (PIK-M Yowana Bakti) terpilih menjadi Duta GenRe Kota Denpasar Tahun 2023.
Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Kota Denpasar Tahun 2023 dilaksanakan di Lippo Mall Kuta pada Rabu (3/5). Acara tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali , dr. Ni Luh Gede Sukardiasih,M.For.,MARS


Luh Gede Sukardiasih, menyampaikan bahwa melalui program GENRE, remaja diberi edukasi mengenai penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja, sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan, berkarir dalam pekerjaan, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Baca juga Mahasiswa FH Unud Raih Juara 2 Lomba Cipta Cerpen Tingkat Nasional

“GenRe ditujukan bagi remaja (10-24 tahun) yang belum menikah melalui wadah Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) dan keluarga yang memiliki remaja; serta masyarakat peduli remaja melalui wadah Bina Keluarga Remaja (BKR)” jelas pemilik sapaan karib dr. Luh De tersebut.
Dia, menambahkan bahwa pemilihan Duta GenRe merupakan ajang pemilihan remaja putra dan putri untuk figur teladan serta motivasi di kalangan remaja.

Duta GenRe dianggap memiliki peran penting dalam memberikan wawasan kepada generasi muda tentang kesehatan reproduksi, serta menciptakan remaja bebas napza dan HIV/AIDS guna menjadi remaja tanggung dan dapat berkontribusi dalam pembangunan.

Baca juga Narasumber Lintas Negara Berbagi Ilmu di Seminar Internasional Prodi MM PPs Unwar

“Duta GenRe memegang peran penting untuk mensosialisasikan keluarga adalah segala-galanya. Remaja saat ini menjadi bagian dari Generasi Emas Indonesia 2045 yang akan datang,” tambah dr Luh De.
Tidak hanya di Tingkat Kabupaten/Kota, dr Luh De berharap bahwa Tahun 2023 ini program genre kepada para remaja lebih meluas ke tingkat Desa melalui pembentukan Duta Genre Tingkat Desa
“Denpasar sampai dengan saat ini sudah ada 4 (empat) duta Genre Desa di Desa Tegal Harum, Desa Dangin Puri Kaja, Kelurahan Dauh Puri dan Desa Peguyangan. Saya harap ini juga bisa lebih meluas begitu pula dengan kabupaten lain” harapnya.

Baca juga Hardiknas, Koordinator KUI Terima Satyalancana Karya Satya

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Duta GenRe Kota Denpasar Tahun 2023, I Gusti Kadek Ari sukawisana menjelaskan bahwa pemilihan duta Genre Ini telah berlangsung dari 4 April Hingga 1 Mei 2023.

“Pemilihan ini telah berlangsung dengan proses yang panjang dimulai dari Genre Challenge hingga Wawancara” jelasnya.

Baca juga Penyelundupan 21 Ekor Penyu Hijau di Bali Berhasil Diungkap

Pasangan Kadek Agus Dwi Artha (PIK-M Yowana Bakti dan Ni Luh Kade Jiyesta Putri Sasikirani (PIK-M Yowana Bakti) saat terpilihnya menjadi Duta Genre Kota Denpasar Tahun 2023 menyampaikan rasa terima kasih dan mengaku tidak percaya atas capaian yang dia raih.


“Kami sangat bersyukur dan ini merupakan pacuan untuk kami agar lebih mempersiapkan diri pada pemilihan Genre tingkat Provinsi Bali nantinya,” kata pasangan Duta Genre Kota Denpasar 2023
Kegiatan ini dihadiri oleh 50 undangan yang terdiri dari PIK-R se- Kota denpasar, Forum dan Duta Genre se-provinsi Bali, BPD, Pegadaian dan Duta GenRe Provinsi Bali. Zor