Mahasiswa Pascasarjana Universitas Triatma Mulya Study Visit ke Umadhatu Resort

PRAKTIK-Mahasiswa PPs Untrim menggelar kunjungan industri ke Umadhatu Resort and Villa, Tabanan.

DENPASAR-DiariBali

Program Pascasarjana Universitas Triatma Mulya (PPs-Untrim) memiliki program unggulan berupa kunjungan industri atau “study visit industry” sebagai ajang mahasiswa memadukan teori di yang didapatkan di bangku kuliah dengan praktik langsung di lapangan.

Belum lama ini, rombongan mahasiswa PPs Untrim melakukan kunjungan industri ke Umadhatu Resort dan Villa Desa Megati, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan. Rombongan diterima langsung oleh “owner” Umadhatu Dr. I Putu Santika, MM.

Pada kesempatan itu, Putu Santika, yang juga pengampu mata kuliah Manajemen Keuangan di PPs Untrim mengatakan, kunjungan industri juga bertujuan mengimplementasikan mata kuliah yang telah diberikannya di kampus.

Putu Santika mengajak rombongan berkeliling lokasi melihat bisnis hotel secara nyata serta memperdalam manajemennya. “Kami juga ajak mahasiswa sharing ilmu tentang manajemen investasi yang saat ini sedang trend yaitu investasi saham. Tujuannya adalah untuk mengetahui secara nyata tentang penerapan mata kuliah manajemen investasi,” kata Putu Santika dikonfirmasi di Denpasar, Rabu (5/5).

Pengalaman-pengalaman yang disampaikan oleh pemilik bisnis, merupakan tambahan referensi pada ilmu bidang manajemen khususnya manajemen investasi. Tidak hanya teori yang disampaikan dalam kelas, namun oleh dosen pengampu mata kuliah berharap metode berkunjung ke industri adalah aplikasi nyata bagaimana seorang pengusaha bisa bertahan dalam keadaan apapun atau terus berupaya dalam mengembangkan usahanya demu tercapainnya tujuan organisasi.

Oleh karena itu antara praktik dan teori adalah dua hal yang saling melengkapi yang merupakan suatu system bagi Pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan yang tidak dapat dipisahkan.

Salah satu mahasiswa PPs Untrim, Stevanus Kakomore mengakui bahwa kunjungan industri adalah pengalaman yang sangat menarik. Karena selain mengetahui secara langsung manajemen bisnis pada dunia industri, ia juga mendapatkan ilmu tentang tips berbisnis yang inovatif, terutama investasi.

Mahasiswa PPs Untrim sangat antusias mengikuti metode perkuliahan yang dikemas dalam program “study visit industry”.
Setelah beberapa jam berdialog dan berdiskusi dengan manajemen Umadhatu Resort dan Villa Tabanan, sampai akhirnya waktu untuk bersantap siang yang tidak kalah menarik mereka juaga diajak keliling melihat fasilitas kamar, kebun, wisata air yang ada. Perkuliahan yang menyenangkan, aplikatif, namun tidak lepas dari standar akademis. RED