Linux Mint, Distro Untuk Petulangan Pertama Ketika Bermigrasi Dari Windows Ke Linux

Ilustrasi Linux Mint
Ilustrasi Linux Mint. (Ist)
Bagikan

DENPASAR, DiariBali–

Linux Mint adalah salah satu distribusi Linux berbasis Ubuntu dan Debian yang dirancang khusus untuk desktop dan laptop. Linux mint menawarkan tampilan dan work flow yang menyerupai windows dengan tingkat stabilitas yang sangat baik serta koleksi aplikasi yang sangat luas.

Selain itu, Linux Mint dikenal karena kemudahan penggunaan dan instalasinya yang relatif mudah bagi mereka yang baru saja memulai petulangan bermigrasi dari Windows ke Linux, serta dukungan yang kuat dari komunitas pengguna dan forum resmi.

Salah satu fitur menonjol dari Linux Mint adalah beberapa varian desktop environment  yang ditawarkan, yang memungkinkan pengguna untuk memilih varian desktop environment yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah beberapa varian desktop yang ditawarkan oleh Linux Mint:

1. Cinnamon

Cinnamon adalah lingkungan desktop bawaan yang dikembangkan khusus untuk Linux Mint. Dirancang dengan fokus pada kegunaan dan kenyamanan, Cinnamon menawarkan antarmuka yang akrab bagi pengguna Windows, dengan panel tugas yang konfigurabel, menu aplikasi yang mudah digunakan, dan dukungan untuk efek visual yang menarik.

Linux Mint Cinnamon

2. MATE

MATE adalah varian yang ringan dan stabil dari lingkungan desktop tradisional GNOME 2. Dikenal karena kinerja yang cepat dan konfigurasi yang mudah, MATE cocok untuk pengguna yang ingin pengalaman desktop yang sederhana dan dapat disesuaikan.

Linux Mint Mate

3. XFCE

Xfce adalah lingkungan desktop yang ringan dan hemat sumber daya yang cocok untuk komputer dengan spesifikasi yang lebih rendah atau pengguna yang mengutamakan kinerja. Meskipun ringan, Xfce tetap menawarkan antarmuka yang ramah pengguna dan fitur yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

 

Selain varian utama ini, Linux Mint juga menawarkan edisi khusus seperti Linux Mint Debian Edition (LMDE), yang didasarkan pada Debian dan menyediakan pengalaman yang sedikit berbeda dari distribusi utama Linux Mint.Linux Mint Xfce

Dengan tersedianya berbagai varian desktop environment, Linux Mint memungkinkan pengguna untuk memilih desktop environment yang paling sesuai dengan kebutuhan pengguna khususnya yang pertama kali bermigrasi dari windows, baik itu yang menekankan pada kinerja, kegunaan, atau penampilan visual. Setiap varian desktop environment memiliki kelebihan dan keunikan sendiri, sehingga pengguna dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan. Linux mint dapat di unduh melalui link berikut : https://linuxmint.com/download.php (Nad)