Unwar Terpilih Sebagai Tuan Rumah Kongres ke-17 APISA

Universitas warmadewa
Unwar menjadi tuan rumah penyelenggara Kongres APISA ke 17 Tahun 2023.
Bagikan

DENPASAR, diaribali.com – Universitas Warmadewa (Unwar) mendapat kesempatan menjadi tuan rumah penyelenggara Kongres Tahunan APISA (The Asian Political International Studies Association) ke 17 Tahun 2023 dengan tema “Towards New Modalities of Governance in Asia: E-democracy, Civil Society, and Human-Centred Policymaking” yang diselenggrakan pada 29 Juni hingga 1 Juli 2023 di Merdeka Hall, Merdeka Tower Business Center (MTBC), Warmadewa College.

Ketua Warmadewa International Affairs (WIA) Drs. I Ketut Putra Erawan, MA., PhD., menyampaikan, APISA merupakan salah satu event terbesar tahunan yang menghadirkan perwakilan akademisi dari berbagai negara.

“Kongres ini menjadi momentum Unwar menjalin komunikasi dengan pihak peserta APISA. Banyak tokoh-tokoh penting yang hadir, sehingga dapat dimanfaatkan kesempatannya untuk menjalin kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi. Khusunya perwakilan 20 negara yg hadir ini bukan saja tokoh akademisi, namun terdapat juga para peneliti serta pengelola jurnal internasional,” kata Putra Erawan.

Rektor Unwar diwakili, WR III Dr. Ir. I Wayan Parwata, MT., IPU Asean Eng., mengapresiasi WIA dan Warmadewa International Office (WIO) yang telah berkordinasi bersama Panitia APISA, sehingga Unwar dapat menjadi tuan rumah kongres tahunan APISA.

Hal ini dapat digunakan sebagai salah satu setrategi untuk Unwar menjalin kerjasama dengan akademisi/Perguruan Tinggi luar sebagai wujud implementasi visi misi Unwar go global.

“Keikutsertaan akademisi Unwar dalam kongres ini dapat berlanjut untuk meningkatkan jaringan komunikasi mahasiswa dan dosen dengan perguruan tinggi di luar Indonesia. Itu harapan kami,” kata Parwata.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. AA Gede Oka Wisnumurti, M.Si., menyampaikan rasa hormat karena Unwar tekah dipilih menjadi tuan rumah Kongres Tahuna  APISA yang difasilitasi oleh Institute for Peace and Democracy (IPD).

Melalui kesempatan ini agar dapat dimanfaatkan untuk berkolaborasi dengan APISA dalam menyediakan platform bagi para mahasiswa dan akademisi untuk bertukar ide dan wawasan mereka, serta mendiskusikan program-program
pembangunan sistem dan tata kelola pemerintah yang baik dan isu-isu serta tantangan yang mendesak.

Pengaturan berbagai tata kelola pemerintahan diharapkan mampu memberikan kontribusi lebih inklusif, responsif, dan efektif bagi pemerintahan dalam pembangunan demokrasi.

“Tema kegiatan ini sangat relevan dalam membangun demokrasi yang berbasis kepada pembangunan kemanusiaan. Melalui kongres ini akan terdapat pemikiran-pemikiran serta formula dalam memberikan kebijakan untuk pengatasan suatu masalah,” jelas Wisnumurti.

Dengan kehadiran peserta kongres dari berbagai negara menjadikan bahwa Warmadewa sudah mulai dilirik oleh berbagai negara dalam menjalin kerjasama. Hal ini sesuai dengan visi kita untuk go global di tahun 2034 yang dimulai untuk mampu bersaing secara ASEAN di Tahun 2026.

Brendan Howe, Executive Commitee President 17th Annual Congress APISA 2023, menyampaikan ucakan terima kasih kepada panitia penyelenggara tuan rumah Universitas Warmadewa. APISA adalah sebuah organisasi yang terdiri dari para ilmuwan, baik di bidang politik dan bidang hubungan internasional.

APISA juga merupakan organisasi utama yang membantu dan mengembangkan riset bagi para praktisi dan akademisi yang bergerak didalam bidang Ilmu Politik dan Hubungan Internasional di Asia. rl