Unwar Raih Akreditasi Unggul, Perkuat Posisi sebagai PTS Terbaik di Bali

Rektor Unwar Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP., didampingi para wakil rektor memperlihatkan sertifikat akreditasi unggul. (Inzet)-SK Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No. 1285/SK/BAN-PT/Ak/PT/VII/2024
Bagikan

DENPASAR, diaribali.com – Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 1285/SK/BAN-PT/Ak/PT/VII/2024, Universitas Warmadewa (Unwar) berhasil meraih Akreditasi Unggul, berlaku hingga lima tahun ke depan atau 2 Juli 2029.

Rektor Unwar Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP., menyebut, Akreditasi Unggul tingkat institusi itu, semakin memperkuat posisi Unwar sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di Bali atau Indonesia Timur.

Rektor pun optimistis tahun akademik 2024/2025 ini bisa menjaring 3000 lebih mahasiswa baru (maba) untuk mengisi 29 program studi di 9 fakultas, baik di program sarjana, magister, maupun doktor dan diploma.

“Kami bangga dan bersyukur atas capaian luar biasa yang diraih Unwar di usia 40 tahun. Pencapaian ini tidak terlepas dari dukungan stakeholder dan kerja keras bersama seluruh Aivitas Akademika Unwar,” kata Rektor didampingi para Wakil Rektor Unwar, di Denpasar, Kamis (4/7).

Dengan raihan Akreditasi Unggul ini, kata rektor, membuktikan bahwa Unwar telah melaksanakan proses kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, baik pembelajaran, pengabdian kepada masyarakat, penelitian dan luarannya telah melampaui standar yang ditetapkan BAN-PT.

Begitu juga siklus penjaminan mutu melalui PPEPP (Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan) telah terlaksana dengan baik menuju continuous quality improvement.

Meski demikian, Prof. Pandit capaian Akreditasi Unggul ini akan menjadi tantangan bagi Unwar ke depan. Terutama bagaimana Unwar bisa mempertahankan bahkan meningkatkan status akreditasi unggul ini.

Apalagi, setelah Akreditasi Unggul ini Unwar tengah mempersiapkan diri menuju QS Times Higher Education-World University Rankings (THE WUR) ditingkat Asean pada tahun 2026. Namun, dengan Spirit Sri Kesari Warmadewa dan Sapta Bayu akan menguatkan, memperkokoh, dan mempererat jalinan kerja sama yang baik antar civitas akademika.

Baik dari fakultas, prodi yang ada di lingkungan Unwar, serta mitra kerja Unwar. Terutama mitra media massa yang berperan penting dalam menyosialisasikan berbagai kegiatan di Unwar. Sehingga, apa yang ditargetkan akan mampu diraih.

Prof. Pandit mengungkapkan bahwa capain lain yang diraih Unwar yakni 2 prodi di Program Sarjana (S1) juga meraih Akreditasi Unggul dari BAN-PT. Yaitu, Prodi S1 Sastra Inggris dan Prodi S1 Peternakan yang berlaku sejak 25 Juni 2024 hingga 25 Juni 2029.

Terpisah, Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali, Prof. Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengaku sangat bangga dan mengapresiasi tinggi kepada seluruh pimpinan dan civitas akademika Unwar atas kerja keras dan konsistensi dalam meningkatkan kualitas dan mutu, sehingga Unwar dapat meraih Akreditasi Unggul. Pihaknya berharap agar proses pencapaian ini harus dapat memacu kinerja institusi agar semakin maju ke depannya.

Selain itu, Unwar juga harus berbenah, baik dari sisi SDM, Sanpras, tara kelola akademik dan non akademik yang berbasis IT, serta meningkatkan pelayanan prima.

“Capain ini menjadi tanggungjawab bersama untuk berkolaborasi menjaga dan mengembangkannya. Salah satunya mulai dengan penerapaan KPI (Key Fepermanxe Indikator,red) untuk institusi Unwar, dekanat, lembaga-lembaga, individu pimpinan, dan dosen serta para karyawan,” kata Prof. Wisnumurti memungkasi. Zor