Unwar Kirim 6 Mahasiswa Arsitektrur ke UTAR Malaysia dalam Program Pertukaran Pelajar International

Bagikan

DENPASAR, diaribali.com-Rektor Universitas Warmadewa (Unwar) Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.ParK melepas sebanyak 6 orang Mahasiswa Prodi Arsitektur Fakultas Teknik dan Perencanaan sebagai peserta Program Warmadewa Architecture Student Exchange (WASTU) Pertukaran Pelajar (PP) International 2022 di Universiti Tungku Abdul Rahman Malaysia.


Pelepasan yang dihadiri Sekretaris Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dekan FTP Unwar dan pejabat struktural lainya dilaksanakan di Ruang Teater Widya Sabha Mandala Unwar pada Jumat (10/06).
Kaprodi Arsitektur Fakultas Teknik dan Perencanaan Unwar I Nyoman Gede Maha Putra, S.T.,M.Sc., Ph.D., menyampaikan bahwa kegiatan pertukaran pelajar yang dikemas dalam program WASTU-PP Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Berdikari diikuti oleh 6 orang mahasiswa yang nantinya akan menempuh perkuliahan di Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR) Malaysia.


“WASTU-PP ini merupakan salah satu dari program MBKM berdikari semester Genap 2021/2022 yang dilaksanakan oleh Prodi Arsitektur FTP Unwar,” kata pemilik sapaan akrab Mang De ini.
Menarikanya, pada program kali ini pembiayaan sepenuhnya dilakukan oleh pihak institusi yakni Universitas Warmadewa yang bekerjasama dengan UTAR Malaysia.


“Pada program MBKM Berdikari ini pembiayaan dilakukan bedasarkan kerjasama yang telah di jalin antara Unwar dengan UTAR Malaysia yakni biaya perkuliahan ditanggung sepenuhnya oleh UTAR Malaysia dan akomodasi lainya dibiayai oleh Universitas Warmadewa dan Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali. Inilah bentuk kolaborasi kami untuk mengimplementasikan program MBKM” tambah Mang De.


Dekan FTP Unwar Prof. Dr. Ir. I Wayan Runa, M.T., mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang solid dari team MBKM Prodi Arsitektur FTP sehingga kegiatan ini dapat terselenggara. Ia berpesan semoga kegiatan ini kedepan dapat berkembang dan berkelanjutan.


“Saya harap para mahasiswa menjadikan kesempatan emas ini untuk menggali potensi dan membangun relasi diluar sana. Sebab ini merupakan pengalaman yang sangat berharga dan tidak terlupakan dalam hidup anda,” harap Runa.


Pada kesempatan yang sama Rektor Dewa Putu Widjana, berpesan agar dalam proses belajar di sana mahasiswa dapat bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan disana.


Sebab, kata rektor, dengan hal tersebut mahasiswa akan lebih cepat dalam berkembang. Pihaknya yakin dengan kapasitas yang dimiliki mahasiswa yang mengikuti kegiatan pertukaran pelajar akan bisa sukses diluar sana. Selain itu pihaknya berpesan untuk tetap menjaga nama baik almamater dan juga nama baik NKRI.


“Tunjukkan perilaku yang luhur disana, Niscaya sebagai mahasiswa anda akan di hargai oleh mereka,” tuturnya. Pihaknya berharap setelah suksesnya kegiatan ini, Prodi Arsitektur diharapkan dapat menjadi “role model” bagi prodi lainya untuk melaksanakan pertukaran pelajar.


Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali yang diwakili oleh Sekretaris Ir. I Ketut Sugihantara, M.SA juga memberikan pesan bagi mahasiswa. Ia berpesan sebagai warga negara Indonesia mahasiswa harus menjunjung tinggi ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia yakni Pancasila.


“Semoga mahasiswa dapat mengimplementasikan dan mengamalkan nilai-nilai ini di negara orang lain agar nanti kita dihargai,” kata dia sembari mendoakan semua mahasiswanya sukses dan memotivasi mahasiswa lainnya. rl