Unud Sebar Tetesan Darah Harapan ke Seluruh Bali

Donor darah serangkaian Dies Natalis Ke-61 Universitas Udayana, Jumat (8/9/2023) di Agro Kompleks, Unud Sudirman.
Bagikan

DENPASAR, diaribali.com – Serangkain Dies Natalis ke – 61, Universitas Udayana (Unud) menggelar aksi kemanusiaan, donor darah, di Gedung Agro Kompleks, Kampus Unud, Sudirman, Jumat (8/9/2023).

Donor darah diperuntukkan bagi Sivitas Akademika Unud, serta masayarakat umum. Calon pendonor tampak antusias mengikuti donor darah.

Ketua Panitia Donor Darah, Dr. Ir Gede Suarta, M,Si.,menyampaikan, kegiatan kemanusiaan donor darah ini menargetkan 400 kantong darah yang nantinya akan disebar ke seluruh Kabupaten di Provinsi Bali untuk memenuhi kebutuhan darah masyarakat. Dalam prinsipnya, setetes darah pun sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan.

“Donor darah melibatkan Unit Daily Dose (UDD) di Provinsi Bali, mulai dari Karangasem, Tabanan, Badung, RS. Prof. IGNG Ngoerah, UDD Gianyar dan UDD denpasar,” jelasnya.

Ke depan, lanjutnya, aksi kemanusiaan donor darah akan dilakukan tiap tiga bulan sekali demi kesehatan, terutama keluarga besar Unud. Selain itu kebutuhan darah selalu meningkat. “Kita akan coba memfasilitasi agar bisa dilakukan lebih intens,” imbuhnya.

Melihat antusias masyarakat yang cukup tinggi, Gede Suarta pun optimis target 400 kantong darah bakal tercapai, sebab sejak pagi, calon pendonor yang mendaftar melebihi target.

“Semoga yang mendaftar semua lolos kesehatan, karena tadi ada beberapa yang melakukan pemeriksaan HB nya kurang,” pungkasnya.

Wakil Ketua Panitia Dies Natalis Ke-61 Unud, Dr. I Ketut Adi Atmika,ST.,MT., menambahkan, berbagai kegiatan dalam rangka menyambut Dies Natalis ke-61 Unud yang puncaknya pada 29 September mendtatang, telah dilakukan sejak Agustus lalu.

Salah satu kegiatan, aksi kemanusiaan donor darah sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian Kepada Masyarakat.

“Kegiatan Dies Natalis Unud ke-61 memang dikemas agar lebih dekat kepada masyarakat, selain donor darah, hari ini kita melakukan pengabdian di tempat lain. Karena kita di lingkungan kampus punya Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa, penelitian, pengabdian dan pendidikan,” pungkasnya.

Untuk berpartisipasi mendonorkan darah, peserta bisa langsung datang ke lokasi dan melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu, jika memenuhi syarat calon pendonor dapat langsung melakukan donor. Zor