Terima Tim Visitasi BAN SM, SMK Teknas Optimis Pertahankan Akreditasi Unggul

SMK Teknas
SMK Teknologi Nasional Denpasar menerima tim visitasi dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN SM) Provinsi Bali. Jumat 29 September 2023.
Bagikan

 DENPASAR, diaribali.com – Untuk mengetahui capaian kinerja dan administrasi satuan pendidikan, SMK Teknologi Nasional Denpasar menerima tim visitasi dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN SM) Provinsi Bali. Kegiatan visitasi berlangsung selama dua hari, Jumat 29 hingga Sabtu 30 September 2023.

Kepala SMK Teknologi Nasional Dr. Ni Wayan Parwati Asih, S.Pd.,M.Pd., mengatakan visitasi akreditasi BAN SM, berlangsung selama dua hari. Dalam visitasi yang berlangsung dipaparkan terkait profile sekolah, wawancara komite, observasi di kelas maupun wawancara peserta didik.

Agek, sapaan karibnya, menambahkan, akreditasi secara reguler merupakan akumulasi penilaian kinerja dan administrasi selama periode ketika diakreditasi sebelumnya. Pihaknya berharap memberikan terbaik bagi lembaga terkait menjaga manajemen, mutu pendidikan, proses belajar, akumulasi SMK untuk lima tahun ke depan.

Kata dia, akreditasi bisa saja berubah tergantung nilai yang diperoleh dan kinerja satuan pendidikan. Namun, untuk SMK Teknas, sangat optimis mampu mempertahankan Akreditasi Unggul atau A. “Kalau sesuai yang dijelaskan asesor, berdasarkan temuan ada hal yang kurang memenuhi bisa saja akreditasinya turun.  Dengan kerja keras kita optimis tetap unggul,” harapnya.

Kata dia, dari empat komponen  yang akreditasi SMK Teknas yakin bisa memenuhi sesuai harapan. Meski demikian, Agek tidak jumawa, tetap akan memohon masukan atau arahan asesor walaupun maksimal nilai mampu diraih. Hal ini untuk perkembangan SMK ke depan mengharapkan perjalanan sekolah ke depan  sesuai visi SMK yaitu Unggul, Berbudaya, Siap Kerja dan Wirausaha.

Sementara Tim Asesor AA Ketut Jelantik disela visitasi mengungkapkan
tujuan dari Akreditasi yaitu sebuah proses menilai kelayakan satuan pendidikan. Sebuah satuan pendidikan dinilai layak apabila memenuhi persyaratan penilaian. Penilaian ada dua yaitu internal dan eksternal, kali ini adalah penilaian eksternal dari lembaga penilaiannya adalah BAN SM.

Hasil Akreditasi, lanjut Jelantik, didapatkan melalui pengumpulan data melalui  observasi, wawancara, telaah dokumen, akan memunculkan peta satuan pendidikan yang disebut Triangulasi Data. Setelah data terkumpulkan baru bisa ditentukan level atau nilai capaian.
“Sekolah kinerjanya tertinggi akan mendapatkan akreditasi A. Akreditasi sekarang dari BAN SM ada empat tahap,” sambungnya.

Dikatakan Jelantik, dari sekilas beberapa komponen yang dinilai dari SMK Teknas sudah baik. Setelah dilakukan observasi guru mengajar, guru  sudah mampu memotivasi anak-anak agar siswa tidak hanya belajar tentang teori namun prakteknya juga beri tahu.

“Catatan bersifat memotivasi dalam peningkatan-peningkatan yang perlu ditingkatkan. Dari pembelajaran di kelas tadi, suasananya bagus, tak hanya penyampaian materi guru juga memotivasi siswa dalam dunia kerjanya,” pungkasnya.rl