Talkshow Retail Besar, Kupas Strategi UMKM Survive Hadapi Persaingan

Talkshow Retail Besar serangkaian Bali Jagadhita V Tahun 2024
Bagikan

DENPASAR, diaribali.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali berkolaborasi bersama Pemerintah Provinsi Bali dan sejumlah stakeholder terkait menggelar Bali Jagadhita V Tahun 2024 yang bertujuan untuk menjadi salah satu ajang promosi perdagangan, investasi dan pariwisata.

Bali Jagadhita V Tahun 2024 yang dibuka pada 10 Juni 2024 ini telah melakukan berbagai kegiatan,  salah satunya Talkshow Retail Besar yang menghadirkan narasumber Ida Ayu Komang Firna Erawati, selaku General Manager Krisna Holding Company dan AA Stenyvia Dewi Putri, Merchandise Manager Bintang Supermarket.

Talkshow Retail Besar  yang yang membahas upaya bagaimana UMKM bisa survive di tengah persaingan pasar yang makin ketat, pada Rabu (12/6/2024) di Living World Denpasar, turut dihadiri Deputi Direktur KPw BI Provinsi Bali Andy Setyo Biwado.

Ida Ayu Komang Firna Erawati, General Manager Krisna Holding Company menjelaskan, pengusaha UMKM diharapkan bisa jeli membaca peluang pasar sekaligus tantangan dan kendala yang dihadapi di tengah persaingan yang sangat ketat.

“Kami manajemen dari Krisna Oleh-Oleh tetap membuka diri terhadap UMKM yang ingin bermitra dengan kami. Namun kami memiliki tahapan yang harus dipenuhi yang bersangkutan. Tahapan itu diantaranya proses kurasi terhadap produk. Apakah memiliki keunggulan dibanding produk yang sama dengan brand atau merek tertentu, atau tidak,” ujar Ayu.

Sementara AA Stenyvia Dewi Putri, Merchandise Manager of Bintang Supermarket menambahkan, bagaimana pemain ritel bisa berkembang dan menjadi partner serta

“Kami siap berpartner dengan para pemain ritel/UMKM bahkan dari nol. Kami siap menerima bahkan siap mengedukasi apa saja hal-hal yang bisa membuat UMKM berpeluang menjual produknya di tempat kami. UMKM akan mendapatkan keuntungan yang baik selama produknya juga laku di pasar, baik lokal bahkan global,” sebut Steny.

Pada talkshow fashion dengan tema “How to Prepare Runway Collection’, tampil Deden Siswanto-Fashion Designer & Member of Indonesian Fashion Chamber.

Deden mengemukakan, fashion tak hanya untuk dipamerkan saja tetapi bisa dimanfaatkan sebagai busana untuk mndukung penampilan keseharain.

“Karya-karya fashion yang ditampilkan para desainer, tak hanya untuk dinikmati di atas catwalk saja tetapi bagaimana busana sebagai produk fashion juga bisa didapatkan dan dinikmati masyarakat penyuka fashion,” tutur Deden.

Seperti diketahui, serangkaian kegiatan Bali Jagadhita V Tahun 2024 mengambil tema “Guna Gina Wisata Bali Hita” yang artinya “Mendorong Pemberdayaan UMKM dan Investasi Hijau serta Implementasi Pariwisata Berkualitas untuk Pertumbuhan Ekonomi Bali yang Berkesinambungan dan Inklusif”.

Bali Jagadhita V Tahun 2024 merupakan kegiatan rutin tahunan, digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Bali.

Kegiatan dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi Bali yang lebih kuat, berkesinambungan, inklusif, dan merata itu merupakan kegiatan promosi terintegrasi pada pilar perdagangan, investasi dan pariwisata. Zor