SMP Nasional Tanamkan Pendidikan Karakter Kepada 201 Lulusannya

Kepala SMP Nasional Ni Putu Supadmi melepasan peserta didik kelas IX, Sabtu (15/6/2024)
Bagikan

DENPASAR, diaribali.com – SMP Nasional Denpasar (Spenas) melepas 201 peserta didik kelas IX yang telah dinyatakan lulus setelah mengikuti ujian akhir, bertempat di aula Spenas Jalan Tukad Yeh Aya Nomor 15, Panjer, Sabtu (15/6/2024)

Kepala SMP Nasional Denpasar, Ni Putu Supadmi, S.Pd., menjelaskan, lulusan yang dilepas tahun ini telah dibekali dengan ilmu pengetahuan yang baik serta menanamkan pendidikan karakter yang kuat untuk membentuk generasi unggul di masa depan.

Pendidikan karakter, kata Supadmi, merupakan salah satu aspek penting dalam pembentukan pribadi yang unggul dan berkualitas. Di tengah perubahan yang cepat dan kompleksitas dunia modern, pendidikan karakter menjadi semakin penting untuk membekali individu dengan nilai-nilai moral, etika, dan sikap positif yang akan membantu mereka menghadapi berbagai tantangan kehidupan

“Anak – anak kami di Spenas sudah mempunyai ciri khas khusus karena punya karakter yang kuat. Itu perlu dicontoh dan ditiru karena di masyarakat luas mereka mendapatkan nilai positif bahwa di Spenas memang benar merupakan anak binaan guru yang berkualitas,” jelas Supadmi.

Lebih lanjut Supadmi menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang diraih peserta didiknya selama mengenyam pendidikan di Spenas, baik di bidang akademik maupun non-akademik. Prestasi yang dicapai tiap tahun selalu meningkat, hal itu tidak terlepas dari peran guru dan pegawai yang berkualitas dan berdaya saing unggul.

“Terima kasih kepada guru dan pegawai yang selalu memberikan bimbingan, mendidik dan mengarahkan sehingga mereka bisa mendapatkan pengetahuan yang layak dan baik dengan pendidikan karakter yang mumpuni,” ujar Supadmi.

Selaku penanggung jawab Spenas, pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Perdiknas selaku payung hukum Spenas yang sudah bahu-membahu membantu dan memfasilitasi peserta didik baik berupa sarana dan prasarana maupun infrastruktur sebagai tempat belajar yang nyaman.

“Terima kasih kepada Perdiknas yang selalu memberikan support sehingga setiap langkah dalam memajukan pendidikan menumbuhkan anak-anak dan mengantarkannya sampai saat ini, Perdiknas selalu mendukung,” pungkas Supadmi.

“Kepada anak-anak semua jangan lupa diri, perjalanan kalian masih panjang, pendidikan harus ditempuh dengan tulus ikhlas, tidak boleh ragu-ragu melangkah karena setiap langkah ada proses dan pasti akan berhasil pada waktunya,” pesannya.

Sementara Sekretaris Perdiknas Ketut Gde Sri Diwya Tuvoli Amararaja  berharap lulusannya terus mengasah diri karena tantangan di jenjang berikutnya semakin berat. Ia juga berpesan agar luluasan tetap percaya diri sendiri terus berusaha, belajar dengan giat, dan jangan pernah berhenti bermimpi. “Dan selalu ingat bahwa Tuhan selalu bersama kita,” imbuhnya.

Keberhasilan, lanjut dia, tidak hanya diukur dari nilai akademis, tetapi juga dari sikap, karakter, dan nilai-nilai yang kalian bawa dalam kehidupan sehari-hari. Ingatlah untuk selalu rendah hati, menghargai sesama, dan mengamalkan nilai-nilai kebaikan yang telah diajarkan di sekolah ini. Jadilah pribadi yang tidak hanya cerdas, tetapi juga berakhlak mulia.

“Saat kalian melangkah keluar dari gerbang sekolah ini, bawalah semangat juang yang telah kalian pupuk selama ini. Jangan pernah menyerah, meski jalan terasa berat dan penuh rintangan. Yakinlah bahwa setiap usaha yang kalian lakukan akan membawa kalian lebih dekat kepada tujuan,” pungkasnya. Zor