SMK Teknas Siap Ambil Bagian Penuhi 9 Juta Tenaga IT

Perayaan HUT ke-14 SMK Teknologi Nasional Denpasar, Jumat (10/2/2023)
Bagikan

DENPASAR, diaribali.com – SMK Teknologi Nasional (Teknas) Denpasar memperingati Hari Jadi yang ke – 14 tahun,  mengusung tema “Menuju Generasi Cerdas, Berkarakter dan Kompetitif”Jumat (10/2/2023) di Halaman Sekolah Setempat.

SMK Teknas yang bernaung di bawah Perkumpulan Pendidikan Nasional (Perdiknas) Denpasar ini memiliki empat kompetensi keahlian diantaranya Multimedia, Teknik Komputer Jaringan, Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran dan Akuntansi Keuangan Lembaga.

Kepala SMK Teknas, Ni Wayan “Agek” Parwati Asih, S.Pd.,M.Pd., menjelaskan, Laksamana menjadi Jargon HUT ke -14 SMK Teknas, angka 14, kata Agek, terdiri dari huruf “L” dan “A” sehingga menjadi kata Laksamana.

“Dalam kisah Ramayana, Laksamana adalah adik dari Sri Rama. Laksamana sangat setia kepada kakak nya. Bahkan ia menganggap Rama sebagai Dewa, apapun yang ia lakukan harus mendapat restu dari Sri Rama,” tuturnya.

Sikap inilah, lanjut dia, yang perlu dicontoh bahwa kesetian terhadap suatu lembaga sangat perlu ditingkatkan. Bekerja bersungguh-sungguh demi mewujudkan tujuan sekolah. “Jadi itu Makna dari HUT kita kali ini. Ketika kita berada di suatu lembaga kita harus taat dan setia pada lembaga,” ujarnya.

Usia 14 tahun tergolong masih remaja, saat ini ia mengaku sedang melakukan transformasi guna menyusaikan industri dengan kurikulum dan juga menjawab tantangan  masyarakat bahwa anak-anak yang sekolah di SMK Teknas muaranya harus siap kerja.

“Jadi yang kita lakukan selama ini adalah penyelarasan kurikulum dengan industri, mendatangkan guru tamu dan juga meningkatkan kualifikasi pendidikan ke jenjang S2 dan memberikan pelatihan asesor bagi guru kita,” jelasnya.

Ia melanjutkan, Perdiknas yang menaungi Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas), SMP Nasional (Spenas) dan SMK Teknas, dibawah kepemimpinan Dr. AA. Ngurah Eddy Supriyadinata Gorda, S.Sos., M.Si., selalu memberikan dukungan dengan merenovasi gedung SMK Teknas, mensupport sarana dan infrastruktur serta meningkatkan kompetensi pendidik. “Kami sangat berterima kasih kepada yayasan yang selalu mendukung kami,” pungkasnya.

Ketua Perdiknas, Dr. AA. Ngurah Eddy Supriyadinata Gorda yang diwakili Bendahara Perdiknas, Ketut Gde Sri Divya Tuvoli Amararaja menyampaikan, peringatan HUT SMK Teknas ke-14 mengambil tema “Menuju Generasi Cerdas, Berkatakter, dan Kompetitif” Sebuah tema yang luar biasa. Tema tersebut merupakan cerminan salah satu komitmen SMK yang senantiasa memegang tegus upaya pembangunan sumber daya manusia yang unggul, kreatif dan inovatif berkelanjutan melalui penyelenggaraan pembelajaran yang berkualitas.

“Melalui kesempatan yang baik ini saya menaruh harapan besar SMK Teknas  dapat mengambil peran yang signifikan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Upaya tersebut, lanjutnya, diwujudkan melalui peningkatan layanan pendidikan, baik secara internal kepada siswa serta kepada masyarakat dan mitra SMK Teknas.

“Di bidang TI, menurut Forum Ekonomi Dunia, Indonesia membutuhkan 9 juta tenaga TI pada tahun 2030. Padahal, berdasarkan data setahun kita hanya memiliki 45.000-50.000 lulusan TI. Belum dengan kebutuhan kerja di bidang lain,” kata dia.

Kehadiran SMK Teknas harus mampu menjawab tantangan tersebut dan dapat semakin dewasa menghadapi semua tantangan yang ada, dan jadikan semua tantangan yang ada sebagai energi untuk terus bergerak maju.

“Mari kita berbenah bersama agar kita lebih siap menghadapi PPDB 2023-2024,” pungkasnya.

Peringatan HUT ditandai dengan pemotongan tumpeng, dan ikut dimeriahkan oleh  DJ. Naashr dan Dea Krisna Harmonia. Penyerahan hadiah kepada pemenang lomba, serta menampilkan fashion show, modern dance, story telling dan student creatifity. Zor