PKKMB Unud Diikuti 6.500 Lebih Mahasiswa Baru

Universitas udayana
SELAMAT DATANG-Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M. Eng, IPU., memainkan 'kayon' menadai dibukanya PKKMB 2023, di Kampus Unud, Bukit, Jimbaran, Selasa (15/8).
Bagikan

BADUNG, diaribali.com – Lebih dari 6.500 mahasiswa-mahasiswi baru Universitas Udayana (Unud) mengikuti masa Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), di Kampus Unud, Bukit, Jimbaran, Selasa (15/8).

Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M. Eng, IPU., saat membuka PKKMB, mengucapkan selamat datang untuk ribuan keluarga baru Unud yang telah berjuang maksimal menembus persaingan ketat masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) terbesar di Bali itu.

Rektor menyebut, PKKMB tahun ini mengusung tema “Aktualisasi Potensi Mahasiswa agar Bersifat Akademis, Bijaksana, dan Matang sesuai Visi Universitas Udayana”. PKKMB, kata Antara, merupakan rangkaian kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru untuk memberikan pengenalan kepada mahasiswa guna menyesuaikan diri dengan ragam kegiatan akademik dan kemahasiswaan yang dapat meningkatkan potensi dan kreativitas dan inovasi diri mahasiswa.

“PKKMB ini juga diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai luhur dan filosofi Pendidikan Universitas Udayana bagi mahasiswa baru sehingga meningkatkan kebangaan menjadi bagian dari Universitas Udayana,” kata rektor.

Dalam rangka menyiapkan mental dan memberikan gambaran tentang sistem pembelajaran dan kehidupan di kampus, maka diperlukan adanya PKKMB untuk mempercepat adaptasi dengan lingkungan universitas.

Di dalam reformasi pendidikan tinggi yang berbasis kompetensi dan otonomi penyelenggaraan perguruan tinggi untuk meningkatkan daya saing, adanya hal-hal paradoksial dalam penerimaan mahasiswa sebagai warga baru kampus harus diakhiri.

“Berbagai bentuk penyimpangan harus sudah diakhiri dan diganti dalam bentuk kegiatan yang dapat dipantau dan dievaluasi secara terbuka oleh semua pihak yang terlibat,” tambah Antara. Melalui PKKMB, diharapkan mahasiswa baru mendapatkan pengayaan dalam mendukung kebijakan Kemdikbudristek melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Selain itu diharapkan pula terjadi peningkatan ketajaman analisis mahasiswa terhadap dampak globalisasi pada bangsa Indonesia.

Ketua Umum PKKMB 2023 Unud I Made Sarjana, melaporkan, sebanyak 185 mahasiswa lama juga mengikuti PKKMB tahun ini. Pelaksanaanya digelar dua hari, 15 dan 16 Agustus 2023. “PKKMB 2023 kali ini agak berbeda dengan PKKMB sebelumnya, karena kali ini kita memberikan ruang kepada mahasiswa sebagai panitia untuk berperan aktif dalam pelaksanaaannya agar dapat memberikan warna dan suasana yang baru dengan pemikiran-pemikiran yang baru, penuh dengan inovasi sesuai irama kekinian,” beber Sarjana.

Walaupun demikian, dia menjamin, PKKMB ini tetap mengacu pada pedoman, kaedah, nilai dan aturan main serta tidak terlepas dari etika pengenalan kehidupan kampus itu sendiri. “Kalian (mahasiswa baru-red) semua sangat diharapkan berperan aktif ikut membangun, merawat, serta memajukan Universitas Udayana yang berpedoman pada Visi: Unggul, Mandiri dan Berbudaya,” kata dia.

Terkait motto PKKMB 2023, yakni Chaanakya Hanastha Gyani Divesa yang artinya, pelajar yang menguasai ilmu pengetahuan, dewasa, serta bijaksana. Moto ini relevan dengan motto Unud; Taki Takining Sewaka Guna Widya, yang mengandung makna, dengan sungguh-sungguh mengabdikan diri pada kebajikan dan ilmu pengetahuan. rl

Sumber: www.unud.ac.id