Kantongi Rata-rata IPK di Atas 3.5, Lulusan Unwar Siap Tempur

WUSUDA ke-66 Universitas Warmadewa berlangsung secara blanded, Sabtu (29/5/2021).

“Pada Wisuda ke-66, Sabtu (29/5/2021), Universitas Warmadewa (Unwar) melepas sebanyak 913 lulusan dari jenjang sarjana dan magister. Jika dirata-ratakan, seluruh lulusan meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3,5. Artinya, jebolan “Sri Ksari Warmadewa” siap tempur di dunia usaha dan dunia industri”.

DENPASAR-DiariBali

Para wisudawan dilepas dengan sistem blanded online dan offline, karena masih dalam suasana pandemi Covid-19. Hanya perwakilan lulusan dari masing-masing program studi (Prodi) yang diwisuda secara langsung yang dipusatkan di Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Sebanyak 913 orang lulusan yang dilepas, terdiri dari 834 orang Sarjana (S1) dan 79 orang Magister (S2). Dengan demikian, hingga saat ini Unwar telah mempunyai alumni sebanyak 34.668 orang dengan jumalh mahasiswa aktif sebanyak 10.910 orang.

Rektor Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.ParK., berharap para lulusan agar pro aktif, kreatif, dan inovatif mengimplementasikan segala pengetahuannya di tengah masyarakat, terutama di masa pendemi Covid-19 saat ini.

Sehingga, para lulusan lebih matang untuk menghadapi tantangan hidup yang semakin kompotitif. Para lulusan juga diharapkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, sehingga mampu berkontribusi untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat.

Rektor melanjutkan, di masa pandemi Covid-19 ini proses pembelajaran dilaksanakan dengan modus daring atau E-Learning, dengan menerapkan Learning Manajement System berupa Moddle System, yang disinkronkan dengan Sistem Informasi Akademik (SIMAK-SIM-T).

Pada Sistem ini semua aktivitas dosen dan mahasiswa direkam secara sistemis dan sangat mudah untuk melakukan monitoring dan evaluasi dari hari ke hari. Bahkan, untuk mendukung pembelajaran daring pada semester genap 2020/2021 seluruh mahasiswa diberikan subsidi kuota internet sebesar Rp 200.000.

Selain itu, sebagai rasa empati terhadap mahasiswa pada masa pandemi ini semua mahasiswa dibebaskan dari denda keterlambatan untuk pembayaran SPP dan SKS. Sejumlah prestasi akademik dan nonakademik juga mampu ditorehkan mahasiswa di masa pandemi Covid-19 ini. Tidak hanya di tingkat regional dan nasional, namun juga prestasi di tingkat internasional.

Sementara itu, menghadapi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, beberapa Prodi telah merekonstrusi Kurikulum untuk memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa untuk memilih model Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Bahkan, dalam menghadapi upaya ini Prodi Peternakan telah memenangkan Hibah Merdeka Belajar- Kampus Merdeka pada Skema Centre Of Excelent (COE).

Dalam meningkatkan mutu pembelajaran, Perpustakaan Unwar terus melakukan inovasi di bidang pelayanan dan penambahan sumber belajar untuk memberikan akases yang lebih luas, efektif, cepat sumber belajar yang ada. Bahkan, dalam implementasi pembelajaran daring juga telah disediakan fasilitas Perpustakaan yang berbasis E-Library.

Dalam tata kelola untuk mewujudkan Good University Governance (GUG), Unwar terus melakukan penataan melalui Sistem SIM-T (Sistem Informasi Manajemen Terpadu). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pengelolaan terutama bidang Sistem Informasi Akademik beberapa menu sudah bisa diakses secara on-line melalui SIMON (Sistem Informasi Mahasiswa On-Line). Berbagai kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi, baik di dalam maupun di luar negeri juga terus dilakukan guna memperluas jaringan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali (YKKPB), Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengatakan YKKPB sebagai Badan Hukum Penyelenggara Pendidikan Tinggi Unwar terus berkomitmen mengembangkan lembaga dalam menghadapi tantangan global sesuai visi Universitas “bermutu, berwawasan ekowisata, dan berdaya saing global 2034”. Berlandaskan Sapta Bayu sebagai Spirit Sri Ksari Warmadewa, Yayasan selalu proaktif dalam pengelolaan sumber daya secara sistematis dan terencana. Dengan harapan Unwar mampu menjadi perguruan tinggi terkemuka. (WAN)