FT Unud Dorong Laju Percepatan Pemanfaatan Energi Terbarukan di Bali

Bagikan

DENPASAR, diaribali.com-Guna menundukung efektivitas pemanfaatan energi terbarukan yang ramah lingkungan di Provinsi Bali, maka Fakultas Teknik Universitas Udayana (FT Unud) menyelenggarakan Seminar Nasional yang bertajuk “Regulasi dan Peluang Solar Rooftop untuk Mempercepat Bauran Energi Terbarukan” pada hari Selasa (21/6), bertempat di Gedung Pascasarjana Kampus Universitas Udayana Denpasar.

Penyelenggaraan seminar ini juga merupakan implementasi dari kerjasama antara FT Unud, melalui Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UP2M) dan PT. Agra Surya Energy.

Dalam sambutannya, Dekan FT Unud yang diwakili oleh Wakil Dekan I, Prof. I Nyoman Suprapta Winaya, ST, MAS, PhD., menyampaikan urgensi mengenai sinergi antara pihak perguruan tinggi dan stakeholder terkait upaya memaksimalkan pemanfaatan teknologi pembangkit listrik tenaga surya.

Disamping itu, Wakil Dekan I FT Unud turut memaparkan fasilitas pendidikan dan penelitian yang dimiliki oleh FT Unud yang mampu menunjang teknologi solar rooftop.

Kegiatan seminar ini kemudian dibuka secara resmi dibuka oleh Rektor Universitas Udayana yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unud, Ir. Ni Made Ari Esta Dewi Wirastuti, ST, MSc, PhD, IPM,.

Sebagai Perwakilan Rektor, Ari Esta Dewi Wirastuti turut memaparkan informasi singkat tentang arah dan kebijakan LPPM Unud, termasuk ketersediaan dana penelitian di Universitas Udayana yang dapat dialokasikan untuk menunjang pengembangan riset di bidang solar energy. Dalam forum Seminar Nasional ini sekaligus dilaksanakan MoU antara Universitas Udayana dengan PT. Alam Hijau Anagata yang akan mewadahi kerjasama kedepannya di bidang penelitian dan pengembangan iptek pada bidang solar energy.

Seminar Nasional ini diikuti oleh lebih dari 130 peserta yang berasal dari berbagai unsure unsure, diantaranya unsure pemerintaha daerah, perguruan tianggi swasta, asosiasi profesi dan perusahaan pengembang dan rantai pasok. Adapun narasumber yang hadir untuk mengisi materi selama penyelenggraan seminar, antara lain Aswin Regawa (CEO PT. Alam Hijau Anagata), Putu Putrawan W.S., ST. (IPM dari PLN), Waluyo, SE, MAP ( Kepala Bagian Gedung dan Instalasi Sekjen DPR-RI), dan Dr. AM. Fachir (Presiden Komisaris PT. Agra Surya Energy). Guna memandu sesi paparan dan tanya jawab dalam seminar, maka selanjutnya turut dilibatkan I Nyoman Satya Kumara, ST, MSc, PhD (dosen FT Unud) selaku moderator.

Sebagai penutup, kegiatan Seminar Nasional ini kemudian diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan kepada para narasumber oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Udayana, Ir. I Ketut Sudarsana, ST, PhD yang sekaligus menutup kegiatan seminar secara resmi. rl