WPS Office, Gratis Mirip Microsoft Office

WPS Office. Ist
Bagikan

Microsoft office adalah aplikasi perkantoran yang banyak digunakan pada sebagian komputer maupun laptop. Aplikasi ini umumnya digunakan untuk mengolah Document (Word), Spreadsheets (Excel) dan Presentation (Power Point).

Untuk memiliki aplikasi ini secara resmi, kita harus membayar untuk licensenya. Namun ada juga yang menggunakan bajakan karena enggan mengeluarkan uang. Tentu saja ini melanggar hak cipta.

Beberapa orang ada yang memilih untuk mencari aplikasi alternatif Microsoft Office seperti WPS Office yang mana memiliki fitur hampir sama. Keduanya juga memiliki kompatibilitas yang sangat baik dengan format penggunaan dokumen docx, xlsx dan pptx.
Mari kita simak perberaan antara Microsoft Office dengan WPS Office.

Tampilan
WPS Office adalah salah satu aplikasi yang hampir mirip dengan Microsoft Office. Yang membuatnya berbeda adalah WPS Office bersifat free dan dari segi tampilan, aplikasi ini cukup elegan seperti aplikasi berbayar. Aplikasi WPS Office juga tersedia untuk perangkat Windows, MacOS, Linux dan Android.

Fitur
WPS Office memiliki fitur membuat dokumen seperti Word dengan sinonim yang disebut Writer, Excel dengan sinonim yang disebut  Spreadsheets , dan Power Point dengan sinonim yang disebut Presentation.

Biaya
Dari segi biaya, WPS Office tersedia dalam versi free dan premium. Dimana versi free sudah cukup untuk kebutuhan Document (Word), Spreadsheets (Excel) dan Presentation (Power Point).

Untuk versi premium memiliki kelebihan fitur dari versi free. Dari segi harga lebih murah dari Microsoft Office.

Walaupun fitur Microsoft Office lebih baik dari WPS Office, Namun WPS Office bisa menjadi alternatif yang mumpuni untuk aplikasi Office gratis atau lebih murah. Selain itu, pada WPS Office menggunakan memori yang kecil dan beban CPU yang lebih ringan. (Nad)