Sambut Hari Raya Nyepi, Paguyuban Umat Hindu BUMN Lakukan Berbagai Kegiatan

Paguyuban - diari bali
Paguyuban Umat Hindu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bali saat melaksanakan kegiatan Penanaman Pohon Upakara

KARANGASEM, diaribali.com – Paguyuban Umat Hindu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bali melaksanakan kegiatan Penanaman Pohon Upakara dan Bantuan Tali Kasih Pinandita dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi yang jatuh pada 22 Maret 2023. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Umat Hindu (BUMN) Bali dengan Pengempon Pura dan Desa Adat Setempat.

Kegiatan berlangsung di dua tempat yaitu Pura Andakasa, Karangasem dan Pura Batukaru, Tabanan pada Sabtu, 18 Maret pagi, dan dipusatkan di Pura Andakasa.

Kelian Pengempon Pura Andakasa Ketut Dresta sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Peguyuban Hindu BUMN Bali yang sudah membantu meringankan pengempon dalam kegiatan ini.

“Pada Prinsipnya tiang selaku kelihan pengempon Pura Andakasa mengucapkan terima kasih, dumogi sapunapi yang diperbuat oleh Peguyuban Hindu BUMN Bali niki baik penanaman pohon dan sebagainya itu bisa berkembang, nanti pihak pengempon siap merewat dan memelihara bersama-sama pengempon ” tegasnya.

Nantinya, kata Ketut Dresta, pohon-pohon ini kan ditanam di Areal Pura termasuk di Laba pura.

Ketua Peguyuban Hindu BUMN Bali Dewa Kadek Rai mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu Rangkaian menyambut Hari Raya Nyepi tahun Baru Saka 1945 tahun 2023 berupa penanaman pohon upakara, tali kasih pinandita dan penyaluran paket sembako kepada pengempon Pura Andakasa.

“Hari ini kami dari peguyuban umat hindu BUMN Bali melaksanakan kegiatan penanaman pohon yang terkait pemenuhan Upakara, pohon yang kami tanam hari ini berupa beberapa jenis pohon kelapa dan upakara lainya seperti pohon rijasa dan juga pohon nagasari, harapannya beberapa tahun kemudian pohon ini tumbuh besar yang nantinya meringankan beban pengempon memenuhi sarana upakara,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan bantuan berupa 40 paket sembako untuk pengempon Pura Andakasa dan bantuan tali kasih kepada Pinandita.

Dewa Rai menambahkan, kegiatan yadnya ini merupakan serangkaian menyambut Hari Raya Nyepi 2023 yang diawali dengan Tirtayatra tanggal 25 Februari 2023 lalu dengan kegitan puncak yaitu Dharma Santi Nyepi yang direncanakan tanggal 25 Maret 2023 dengan melibatkan 700 peserta dari seluruh BUMN yang ada di Bali. Zor