PKM Unwar Bantu Pengembangan Usaha Tedung

DAMPINGI-Dosen Unwar melakukan pendampingan pengusaha tedung di Desa Mengwi, Badung.

“Universitas Warmadewa (Unwar) lewat Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM) tetap komit mendampingi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai wujud pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi”.

DENPASAR-DiariBali

Lembaga Pengabdian Masyarakat, Universitas Warmadewa (LPM Unwar) menjalin Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan usaha tedung, di Desa Mengwi, Kabupaten Badung.

Ketua PKM Unwar, Ni Putu Riski Martini dikonfirmasi di Denpasar, Kamis (17/6) mengatakan, ia bersama anggota Mita Miati dan Made Anggita Wahyudi Linggasani telah melakukan pendampingan dari segi aspek produksi, akuntansi dan pemasaran.

Dari aspek produksi telah diberikan bantuan berupa bahan baku kain, kayu dan benang, yang diharapkan mampu meningkatkan jumlah produksi yang dihasilkan.

Sedangkan aspek pembukuan yang dilakukan adalah dengan memberikan pendampingan untuk membantu pengrajin dalam membuat pembukuan atau pencatatan terkait pengeluaran untuk keperluan operasional seperti bahan baku dan penolong, biaya yang diperlukan dalam proses produksi sampai menjadi barang jadi.

Hal ini dilakukan untuk dapat mengetahui laba atau rugi usaha, sehingga akan mampu mengembangkan usaha dalam jangka Panjang. Dari aspek pemasaran dilakukan dengan membantu mitra membuat website, dan media social untuk mempromosikan tedung yang telah dibuat.
           
Pihaknya mengapresiasi semangat dan antusiasme dari mitra selama proses pendampingan berlangsung. “Kami pantau para mitra sangat antusias dan komunikatif dalam pelaksanaan pendampingan,” tambahnya.

Riski Martini berharap PKM akan mampu meningkatkan asset, omset kuantitas produksi dan jumlah tenaga kerja yang diperlukan pada usaha ini. Ibu I Gusti Agung Putu Sriasih selaku pemilik usaha ini mengaku telah mempekerjakan 5 orang warga sekitar tempat tinggalnya dalam usaha ini.

“Dengan adanya pendampingan ini diharapkan akan mampu lebih meningkatkan uusaha kerajinan rumah tangga ini menjadi usaha yang lebih besar dan mampu menjadi penggerak ekonomi rumah tangga,” katanya. BAQ