Peduli Pelestarian Lingkungan, PLN Serahkan Bantuan Pencacah Sampah

Penyerahan Bantuan TJSL dari PLN UID Bali.

SINGARAJA- DiariBali
Sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali terus menyalurkan bantuan ke daerah-daerah di Bali sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Kali ini PLN menyasar dua daerah sekaligus untuk menyalurkan bantuan dengan total sebesar Rp 60 juta kepada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Kusadari di Desa Temukus Buleleng dan KSM Penebel Berlian di Desa Penebel Tabanan, Selasa (25/5).

Tujuan penyerahan bantuan berupa mesin listrik pencacah sampah serta bak penampungan sampah yang dilaksanakan secara bersamaan ini untuk mendukung pelestarian lingkungan.

Bantuan kepada KSM Penebel Berlian diserahkan langsung oleh Manager Komunikasi PLN UID Bali, I Made Arya, sedangkan bantuan kepada KSM Kusadari Temukus diserahkan oleh Manager ULP Singaraja, Ida Bagus Komang Darma Yudanta.

Made Arya menyampaikan harapannya kepada masyarakat untuk konsisten dalam menjaga kebersihan lingkungan melalui pengelolaan sampah terpadu yakni dengan sistem Reduce, Reuse, Recycle (3R).

“Kami berharap bantuan berupa mesin pencacah sampah organik ini dapat mempermudah upaya masyarakat yang ingin mewujudkan lingkungan yang lebih bersih dan lestari,” katanya.

Sementara Camat Banjar, I Gede Arya Suardana mengapresiasi bantuan TJSL yang diberikan oleh PLN. “Kedepannya kami berharap PLN tetap manjaga kerjasama yang baik ini untuk keberlangsungan lingkungan. Kami juga berharap KSM dapat menjalankan tugas untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, terlebih lagi saat ini ada mesin pencacah sampah,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Ketua KSM Penebel Berlian, I Gede Ketut Alimbawa menyampaikan komitmennya untuk dapat melakukan pengelolaan sampah khususnya sampah organik agar lebih baik lagi setelah adanya bantuan dari pihak PLN.

“Sebelumnya fasilitas kami belum memadai, namun sekarang berkat bantuan mesin dari PLN proses pencacahan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan maksimal,” jelasnya.

Secara terpisah, Nyoman Dedi Arimbawa, selaku perwakilan dari KSM Kusadari yang mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan yang diberikan PLN.

“Kami berterimakasih atas kontribusi PLN untuk membantu sarana pengelolaan sampah di Desa Temukus. Kami harap PLN dengan program TJSL selalu bisa berjalan selaras dan berkesinambungan dengan KSM KUSADARI Desa Temukus untuk mewujudkan program pemerintah menuju desa bersih bebas sampah,” jelasnya. (Red)