Kuliah Umum Kolaborasi FH dan Fishum UNR Datangan Narasumber dari Amerika

Universitas Ngurah Rai
Bagikan

DENPASAR, diaribali.com – Fakultas Hukum (FH) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (Fishum) Universitas Ngurah Rai (UNR) berkolaborasi menggelar Kuliah Umum Internasional bertajuk “Religious Moderation in Law and Social from the Tri Hita Karana Perspective” di kampus setempat, Kamis (20/7/2023).

Kuliah umum yang diikuti mahasiswa dan dosen dari dua fakultas itu, menghadirkan narasumber sekaligus peneliti Jamie M. Edmands, P.hD., dari Arizona State University, Amerika Serikat.

Sebelum memberikan materi ke peserta, Jamie, telah mempelajari budaya-budaya Indonesia, mulai dari Jawa, Bali dan Lombok. Dari penelitiannya, Jamie mengaku terkesan dengan filosofi Tri Hita Karana yang menjadi napas penyelenggaraan pendidikan di UNR.

Jamie melanjutkan, Indonesia, khususnya Bali, merupakan sumber alam yang bisa dibangunkan. Melalui kegiatan ini, menurutnya, masyarakat dapat memahami terkait sistem politik di Amerika dan memahami apa yang dimiliki di Indonesia sendiri. Namun yang terpenting mereka menghormati apa yang mereka punya.

Masyarakat Bali, masih menurut Jamie, memiliki konsep dan ide dalam budaya yang bahkan belum dipahami oleh orang barat. “Jika mereka (orang barat-red) dapat memahami keharmonisan dalam budaya Bali, mereka bisa memperbaiki dunia, bahkan menjadi leader di dalam internasional persepektif,” tegasnya.

Dekan FH UNR, Dr. I Wayan Putu Sucana Aryana, SE., SH., MH., CMC., mengatakan, dari segi hukum, kuliah umum ini bisa dipetik yang berkiatan dengan keseimbangan antara manusia dengan manusia, manusia dengan lingkungan dan manusia dengan Tuhan.

“Penerapan Tri Hita Karana dalam masyarakat khususnya Bali sudah berjalan sangat baik. Jadi kita juga ingin tau di barat (Amerika) seperti apa,” kata Sucana, sembari menilai konsep Tri Hita Karana relevan diimplementasikan di negara Amerika.

Dekan Fishum UNR Dr. Drs. I Wayan Astawa, SH., MAP., menyampaikan, kegiatan ini sesuai arahan rektor yang merupakan inovasi baru. Dari segi humaniora, makna yang bisa dipetik dari paparan narasumber masih menyangkut keharmonisan.

Jamie yang sebagai pegiat agama diharapkan dapat menerapkan spirit Tri Hita Karana di Amerika untuk membangun sebuah keharmonisan.

Sementara itu, Rektor UNR, Dr. Ni Putu Tirka Widanti, MM., M.Hum., menginginkan, Arizona State University dengan Universitas Ngurah Rai bisa melakukan penelitian bersama khusus Tri Hita Karana, dan masyarakat Bali dengan ke-Hindu-annya, setelah sebelumnya Jamie meneliti Muslim di Jawa.

Internasionalisasi, lanjut Tirka Widanti, memang menjadi salah satu fokus UNR ke depan. Sehingga lulusan memiliki wawasan global dan bisa diterima di seluruh belahan dunia.

UNR dan Arizona State University sedang menyusun rencana lanjutan kerja sama dengan merancang kunjungan balasan. Giliran akademisi UNR yang bakal berbicara di Amerika. “Jadi tidak jago kandang,” tutup Tirka. Zor