Aplikasi Alternatif Windows Pada Linux

Aplikasi Alternatif Windows Pada Linux
Aplikasi Alternatif Windows Pada Linux. (Ist.)
Bagikan

DENPASAR, DiariBali.

Linux merupakan sistem operasi yang bersifat open source atau terbuka dengan banyak aplikasi yang bisa diinstall secara gratis. Sebagian besar orang yang baru mulai menggunakan linux kadang merasa bingung untuk mencari aplikasi alternatif untuk keperluan sehari-hari. Ini merupakan yang wajar. Karena Linux tidak begitu populer seperti Windows dan MacOs.

Namun jangan khawatir, berikut akan dijabarkan beberapa aplikasi alternatif pengganti aplikasi Windows yang bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari pada Linux.

1.LibreOffice
LibreOffice adalah aplikasi perkantoran untuk pengolah kata (Word), Spreadsheets (Excel), Presentasi (Power Point) yang Open Source dan gratis. LibreOffice biasanya sudah terinstall secara otomatis ketika menginstall Linux.

Libre Office

2. GIMP
Jika anda adalah seorang desain grafis yang sering mengolah dan mengedit gambar. Aplikasi alternatif untuk pengganti photoshop adalah GIMP.
Ini adalah aplikasi pengolah gambar yang open source. GIMP memiliki fitur yang hampir sama dengan Photoshop serta menggunakan sumber daya yang kecil.

Gimp

3. KdenLive

Pada Windows dan MacOs anda mungkin mengenal iMovie, Clipchamp atau bahkan video editor built in bawaan aplikasi Photo pada aplikasi Microsoft Photo. Anda tidak akan menemukannya pada Linux, Namun anda tidak perlu khawatir karena ada KdenLive yang siap membantu untuk mengedit video. KdenLive adalah video editor gratis dengan segudang fitur proffesional. Anda dapat menggunakan transisi, effect dan multi-track interface.

kdenlive

4. VLC
Pada Microsoft Windows kita sudah tidak asing lagi dengan Windows Media Player untuk memutar video dan memainkan audio. VLC menjadi pilihan aplikasi alternatif yang bersifat open source pada Linux. VLC mendukung semua jenis format video dan audio yang hampir sama dengan Windows Media Player.

VLC pada linux

5. Krita
Paint adalah aplikasi yang sering kita gunakan untuk mengedit gambar sederhana. Aplikasi alternatif open source pada Linux adalah Krita. Aplikasi ini memiliki fitur yang hampir sama dengan Paint.

Krita

6. EverSticky
Sticky notes adalah sebuah aplikasi Windows yang sering kita gunakan untuk membuat catatan-catatan kecil pada layar monitor. Pada Linux, kita dapat menginstall EverSticky sebagai aplikasi alternatif untuk melakukan hal yang sama seperti Sticky Notes.

eversticky

7. Gedit
Jika anda sering menggunakan aplikasi tradisional seperti notepad pada Windows. Pada Linux anda dapat menggunakan Gedit sebagai aplikasi alternatif. Gedit memiliiki fitu serupa seperti notepad dan sangat mudah digunakan.

gedit

8. 7-Zip
7-Zip adalah aplikasi alternatif pada Linux yang dapat digunakan untuk mengkompres file. 7-Zip memiliki fitur yang serupa seperti winzip dan winrar pada windows.

7zip

Itulah beberapa aplikasi alternatif yang bisa anda gunaakan ketika pertama kali menggunakan Linux. (Nad)