Anak-anak Diedukasi Mengelola Kecemasan

Bagikan

DENPASAR, diaribali.com –
Departemen/KSM Psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Udayana/RSUP Prof Dr I G N G Ngoerah menyelenggarakan kegiatan Program Udayana Mengabdi dalam bentuk Pengabdian Masyarakat di SMP Negeri 1 Tampaksiring pada tanggal 12 Oktober 2023. Suatu kegiatan terintegrasi yang berkolaborasi dengan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUP Prof Dr I.G.N.G Ngoerah yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia tahun ini mengusung tema internasional “Mental Health is a Univeral Human Right”

Acara ini dibuka dan disambut baik oleh Kepala Sekolah SMPN 1 Tampaksiring, Dra Sri Mulyati Darmayuni MSi. Selepas dibuka secara resmi, acara kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan oleh I Gusti Ayu Indah Ardani dr SpKJ Subsp AR(K), Ni Ketut Putri Ariani dr SpKJ Subsp KL(K) dan pihak PKRS RSUP Prof Dr IGNG Ngoerah. Pada kesempatan kali ini, topik yang dibawakan adalah Penyuluhan Penanganan Kecemasan Anak pada Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi di Sekolah Daerah Tampaksiring.

Kegiatan ini ingin menguraikan bahwa Pandemi COVID-19 memberikan perubahan besar dalam cara siswa belajar. Saat pandemi siswa belajar secara daring sedangkan kini mereka diwajibkan untuk pembelajaran tatap muka (luring). Perubahan situasi ini membuat beberapa siswa mengalami kecemasan. Kegiatan terintegrasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana mengidentifikasi tanda-tanda kecemasan pada anak sekolah, memberikan dukungan yang diperlukan serta mengajarkan teknik relaksasi yang mudah digunakan untuk mengurangi kecemasan.

Penyuluhan ini diharapkan dapat membantu siswa merasa lebih nyaman untuk kembali ke sekolah, memberikan informasi tentang sekolah yang aman, serta menyosialisasikan cara untuk mencari dukungan saat diperlukan.rl

Sumber: www.unud.ac.id